Kamis, 25 Februari 2010

Tips Mengincar Pekerjaan Idaman!

Tips Mengincar Pekerjaan Idaman!



Untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan, kita harus bisa menjual citra diri yang baik. Itulah yang akan membedakan kita dengan orang lain. Istilah first impression is important memang benar adanya di dunia pekerjaan saat ini. Nah, setelah kita mampu menciptakan performa yang baik, jangan biarkan hilang begitu saja. Buat mereka terkesan dengan kepribadian yang dimiliki melalui wawancara dan kinerja setelah diterima. Semua itu bisa kita mulai dengan mempersiapkan surat lamaran hingga wawancara dengan performa maksimal. Bagaimana caranya ? Simak tip berikut ini.

Membuat Surat Lamaran Surat lamaran adalah penggambaran pertama diri kamu yang akan diterima HRD sebuah perusahaan. Itulah sebabnya sejak awal kita harus membangun image yang mengesankan dan wajar. Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan:

- Sampaikan maksud secara singkat dan sebaiknya jangan lebih dari 1 halaman.

- Tampilkan cover letter sederhana. Jangan menggunakan format berlebihan.

- Tulis surat secara formal, dalam bentuk paragraph dan bukan poin-poin. Jangan lupa cantumkan posisi yang diinginkan secara spesifik.

- Perlihatkan antusias yang positif dengan menuliskan alasan ketertarikan pada perusahaan tersebut. Sebaiknya dicantumkan diawal surat.

Dalam surat lamaran, biasanya membuat sebuah resume. Buatlah resume yang menunjukkan kelebihan-kelebihan kamu. Tapi jangan membuat resume yang terlalu panjang. Pilihlah pengalaman yang paling menonjol dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Semua karya dan sertifikat dilampirkan secara terpisah.

Saatnya Wawancara !!!

Inilah saatnya dimana HRD sebuah perusahaan melakukan cek dan ricek terhadap surat lamaran, cv dan berkas-berkas yang kita kirimkan. Tunjukkan kemampuan maksimal dan jati dirimu secara positif. Ada baiknya sebelum wawancara, lakukan riset terlebih dahulu dan mencari tahu latar belakang perusahaan yang bersangkutan. Ini memberikan kesan kalau kita antusias dengan pekerjaan yang ditawarkan. Sebelum berangkat wawancara, pastikan kita sudah mempersiapkan penampilan dengan baik. Ingatlah bahwa orang yang mewawancarai tersebut tidak mengenal siapa pribadi kita, kesan pada pandangan pertama adalah langkah awal yang menguntungkan. Gunakan pakaian yang rapi an warna netral dengan sepatu tertutup. Hindari motif dan gaya berlebihan. Pada saat wawancara berlangsung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

- Duduk dengan tegak tanpa terlihat tegang. Jangan bersandar karena akan memberi kesan seorang yang malas dan tidak bersemangat.

- Lakukan kontak mata dan senyum.

- Dengar pertanyaan baik-baik. Jangan cepat memotong pertanyaan pewawancara walaupun telah mengetahui jawabannya.

- Datang sendiri ke tempat wawancara.

- Pancarkan aura bahwa didalam diri dan jiwa kita memang benar

-benar antusias dan menginginkan pekerjaan tersebut.

Biasanya suatu perusahaan apalagi di bidang Teknik memiliki beberapa tahapan tes seperti seleksi administrasi, seleksi kemampuan secara umum, seleksi psikotes secara tertulis, wawancara umum, wawancara teknis dan tes kesehatan. Setiap perusahaan memiliki standar dan prosedural yang berbeda-beda tergantung kebutuhan perusahaan. Yang paling penting adalah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Ingat jika kita tidak diterima di sebuah perusahaan, bukanlah sebuah kekalahan. Suatu keyakinan yang mutlak bahwa Tuhan telah menetapkan rezeki setiap manusia pada tempatnya masing-masing, dan semuanya itu memiliki hikmah dan kebaikan bagi setiap kita.(net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim