Jumat, 26 Februari 2010

JANGAN PUTUS ASA!!!


Saat ini, kalau kita menyimak sejumlah tayangan berita di telivisi, akan sangat mudah kita jumpai tingkah polah manusia yang mudah putus asa. Ada yang karena terus-menerus hidup dalam kemiskinan dan tak kuasa menanggung beban hidup yang begitu berat, lantas mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Ada sepasang remaja yang tengah dimabuk asmara, tetapi karena hubungan mereka tidak direstui oleh orang tua mereka, sepakat untuk melepas nyawanya dengan terjun bebas dari lantai lima sebuah pusat perbelanjaan. Ada pula seorang siswa yang malu karena tidak lulus ujian, akhirnya nekat meminum racun dan akhirnya nyawanya tidak tertolong. Dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa tragis serta tragedi kemanusiaan yang terjadi di sekitar kita, disebabkan oleh hilangnya harapan, alias putus asa.

Padahal, kalau kita semua menyadari, setiap persoalan hidup yang menimpa kita, pada hakekatnya hanyalah sebuah ujian sementara, yang akan segera berlalu jika kita mampu menghadapinya penuh kesabaran dan keikhlasan. Ujian hidup ibarat batu sandungan, yang harus kita singkirkan agar kita dapat melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan kita, yaitu kesuksesan hidup, baik di dunia ini maupun di akhirat kelak.

Allah SWT memotivasi hamba-Nya agar tidak berputus asa atas rahmat-Nya, karena hanya orang-orang yang tidak beriman sajalah yang berputus asa dari rahmat-Nya. “…Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidak ada ada orang yang berputus asa dari rahmat Allah, kecuali orang-orang yang kafir”. (Q.S. Yusuf: 87)

Dari keterangan ayat di atas, jelas sekali tergambar bahwa sikap putus asa, kehilangan harapan hidup dan tidak berusaha untuk menemukan serta membangunnya kembali adalah merupakan karakter orang-orang kafir, yaitu mereka yang tidak beriman kepada Allah, yang tidak mengakui akan kekuasaan-Nya, serta mengingkari akan keberadaan-Nya.

Tentu, sebagai seorang muslim kita tidak ingin digolongkan ke dalam kelompok orang-orang kafir yang mengingkari kekuasaan Allah serta menafikan keberadaan-Nya. Maka, sebagai muslim dan mukmin sejati, sepatutnya kita memiliki prinsip hidup yang teguh bahwa Allah selalu memberi yang terbaik buat hamba-Nya. So, terus berusaha dan jangan pernah putus asa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim