Kamis, 25 Februari 2010

10 Resolusi Karir Tahun Baru

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk membuat perubahan dalam banyak hal, termasuk karir anda. Tujuannya, mendapatkan yang terbaik di tahun mendatang!!

Gunakan kesempatan emas di awal tahun untuk mempersiapkan strategi baru sukses dalam karir anda. Simak kembali perkembangan karir anda sejak awal hingga detik ini. Lihat juga apa yang jadi tujuan dan harapan anda. Dan kini, pelajari segera 10 langkah menuju karir yang gemilang yang telah anda idam-idamkan!

1. Evaluasi kembali perjalanan karir anda
Point ini harus anda letakkan didaftar paling atas. Sebelum mengambil langkah untuk membuat perubahan, sebaiknya pelajari dulu bagaimana keadaan karir anda saat ini. Gunakan waktu yang ada untuk memberi penilaian pada diri anda sendiri. Misalnya, sudah cukup tinggikah keahlian anda?Seberapa besar bakat dan kecerdasan anda? temukan juga hal-hal yang disuka dan tidak disuka pada pekerjaan saat ini.



2. Tak ada kata stop belajar
Proses belajar harus terus berlangsung dalam kehidupan. Ada baiknya anda menyimak kembali, apakah ada keahlian lain yang ingin dikuasai. Atau keterampilan yang kira-kira perlu diasah lagi. Singkatnya, ambillah setiap kesempatan yang baik untuk mengembangkan diri anda sesuai dengan kepribadian yang anda miliki.

3. Atur waktu anda
Usai liburan, mungkin anda sadar jadwal kerja jadi kacau. Segera ambil tindakan bijaksana untuk membenahi dan membuatnya jadi efisien. Re-schedule semua kegiatan yang sudah ada dalam agenda anda. Hal ini akan membantu anda membuat kehidupan pribadi dan profesional jadi lebih seimbang.

4. Optimalkan kerja anda
Mulai sekarang, gunakan waktu yang terbatas dengan lebih optimal. Terapkan cara bekerja yang lebih efisien. Apabila atasan sudah mulai menunjukkan sikap positif terhadap hasil kerja anda, jangan kemudian cepat berpuas diri. Terus optimalkan kerja anda.

5. Dengarkan masukan dari rekan anda
Kini sudah waktunya anda berjanji pada diri anda sendiri untuk lebih mendengarkan masukan yang diberikan rekan kerja anda. Anda pasti akan terkejut, banyak sekalli hal yang bisa didapatkan dan pelajari dari sana. Bila mendapat masukan positif, pertahankan dan terapkan prinsip always do your best.

6. Buka wawasan seputar pekerjaan anda
mengikuti setiap perkembangan yang terjadi dalam pekerjaan dan perusahaan amat penting bagi karir. Anda harus sering datang ke seminar dan workshop. Perbanyak juga baca buku, surat kabar, majalah, atau browsing di internet untuk mencari informasi mengenai bidang yang anda geluti. Banyak sekali informasi yang akan anda dapatkan untuk memperluas wawasan.

7. Buat perbandingan gaji dan posisi
Mencari tahu standar gaji tidak melanggar etika kerja. Anda bahkan perlu melakukan hal ini secara kontinyu tiap tahun. Coba mulai mereka-reka dari sekarang, seberapa pentingkah anda dalam perusahaan. Dan apa yang membuat anda cukup diperhitungkan. Cari informasi standar gaji yang sesuai untuk posisi anda, baik di perusahaan anda maupun di perusahaan lain. Saat sudah tahu berapa harga yang pantas untuk anda, jangan ragu untuk negosiasi kenaikan gaji dengan atasan.Atau, minta promosi ke posisi yang lebih sesuai untuk anda.

8. Jalin hubungan baik dengan proefsional lainnya
Salah satu cara meningkatkan karir adalah dengan networking. Jalin dan jaga hubungan baik dengan banyak orang. Kini coba kembali untuk mulai membuka komunikasi dengan orang-orang yang pernah terlibat hubungan kerja dengan anda, dikantor atau siapa saja yang pernah anda temui untuk mengerjakan suatu proyek.

9. Ciptakan kondisi kerja yang sehat
Anda tentu butuh kerja sama dengan para rekan kerja. Dari sana secara otomatis anda menjalin hubungan dengan orang-orang lain yang berbeda karakter. Untuk itu, Zuber menyarankan beberapa hal yang mendasar: “Jadilah orang yang sopan, ramah, dan murah senyum. Coba untuk selalu bersikap hangat pada setiap orang”. Meskipun demikian, anda tetap harus bersikap tegas dan terbuka.

10. Sediakan waktu untuk diri sendiri
Terakhir, perhatikan juga kebutuhan diri anda sendiri. Segera jadwalkan waktu untuk menyegarkan diri dan bersenang-senang. Bisa dengan sekedar mengajak teman makan siang bersama, membaca buku favorit, pergi ke spa, ke bioskop, ke pantai, atau nonton pertunjukan seni. Lakukan hal-hal yang dapat membuat anda relaks dan bisa membangkitkan kembali stamina dan gairah kerja. Hanya dengan melakukan hal ini, anda akan dapat kembali produktif bekerja.
(source: Majalah Kosmopolitan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim