Sabtu, 11 Desember 2010

“PENYAKIT KULIT”

Hati-hati “penyakit kulit” untuk pelajar, napak/ibu dewan guru, pengurus Organisasi dan individu2 yang sedang membaca artikel ini.
Mungkin sudah tidak aneh lagi tentang adanya penyakit kulit tap ini bukan penyakit kulit asli. Ini hanya sebuah kiasan belaka namun harus kita pikirkan dan hayati jangan sampai kita terkena penyakit kulit tersebut. Selamat membaca

No Penyakit Kulit Maksud / Pengertian
1 Kuman Kurang Iman Jika seseorang sudah menjadi kuman, maka perilakunya akan cenderung menyimpang, dan akan dihinggapi penyakit-penyakit seperti berikut :

2 Kudis Kurang disiplin Karena tidak terkendali, kedisiplinan/kepatuhan terhadap segala sesuatu akan berkurang (tidak ada)

3 Kurap Kurang rapi Ketidaksiplinan akan menjadikan dia tidak rapi, baik penampilan ataupun sikap akibatnya, tidak bisa dijadikan panutan/contoh

4 Koreng Koordinasi renggang Jika tidak ada yang bisa menjadi panutan, koordinasi/hubungan dengan yang lain akan menjadi tidak baik

5 Kutil Kurang teliti Tergesa-gesa mengerjakan sesuatu, banyak yang kelewatan dan malas untuk melakukan mengecekan .

6 Kutang Kurang tanggap
Kurang tanggungjawab Masa bodoh, respon terhadap lingkungan sekitar (teman kerja) sangat lambat . bahkan cuek.
Tidak bertanggungjawab atas selesainya pekerjaan /target.

7 Bisul Bisanya Nyusul Maunya meng-ekor, mau maju jika orang lain maju terlebih dahulu. Kecil kemungkinan untuk bisa jadi pemimpin.

8 Kutu air
Kurang bermutu Awal-Akhir

Dalam mengerrjakan sesuatu tidak pernah memperhatikan kualitas. Yang penting bekerja. Mestinya dari awal sampai akhir harus selalu menjaga dan menempatkan kualitas sebagai yang utama.
9 Kadas Karir kandas
Jika banyak penyakit ’’kulit’’ karir serta merta akan kandas karena dapat diberhentikan sewaktu-waktu.

10 Gatal Gagal total Jika karir kandas, akan gagal total. Semua pengorbanan ketika berstatus pelkerja/pelajar akan sia-sia.


Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan suatu perubahan sikap. Masih banyak waktu untuk kita semua jika kita ingin berubah menjadi insane yang lebih bertaqwa, giat belajar dan bekerja sesuai dengan porsinya masing – masing. Suatu falsapah hidup yang selalu ada di hatiku :

“Jangan bertanya apa yang telah sekolah berikan kepada kita tapi bertanyalah apa yang bisa kita berikan kepada sekolah” (kutipan JFK oleh KDY).

Semoga artikl ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadikan kita semua insane yang senantiasa berintrospeksi diri menuju masa depan yang lebih baik. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim