Kamis, 16 Desember 2010

It's About Us : Air Untuk Masa Depan

Air merupakan kebutuhan mutlak makhluk hidup dan kita ketahui pula bahwa tiga perempat dari permukaan bumi kita ini terisi oleh air yang berupa air tawar, air payau dan air laut. Air yang aman dan dapat dipergunakan sebagai air minum diartikan sempit adalah air yang pada tingkat minimal terlindung dari pencemaran biologis (terutama bibit penyakit) dan segala bentuk racun.
Air tawar selain digunakan sebagai air minum, juga dipergunakan sebagai bahan untuk keperluan mandi, mencuci, industri, pertanian, pembangkit tenaga listrik dan sebagainya. Karena air di alam bebas terutama air tanah, sungai dan danau di dapat secaga gratis, maka air menjadi rebutan bagi keperluan hidup manusia. Oleh karenanya, manusia cenderung menggunakannya dengan boros dan kurang bijaksana, akibatnya kemurnian dan kelestarian air dapat dengan mudah terganggu.
Keseimbangan dalam air dapat terganggu akibat dari berbagai macam sebab antara lain pembuangan sampah atau sisa buatan limbah industri, penggunaan bermacam-macam deterjen serta sisa-sisa pertambangan minyak yang hanyut ke dalam air.
Air juga sangat penting untuk kesehatan, dan tiap individu membutuhkan dalam jumlah yang berbeda. Tentunya air murni dan bersih yang layak untuk diminum. Di dalam tubuh kita air merupakan komponen utama, rata-rata tiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Semua sistem didalam tubuh tergantung oleh air. Sebagai contoh, air akan membilas racun dari organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung dan tenggorokan.

Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu keadaan yang timbul karena tubuh kekurangan air sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Berapa banyak air yang kita dibutuhkan? Setiap saat Anda akan kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urin dan pergerakan usus. Agar tubuh berfungsi normal, maka air yang hilang harus digantikan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air.
Rekomendasi harian. Institute of Medicine menyarankan pria untuk mengkonsumsi 3 L (13 gelas) dan perempuan mengkonsumsi 2,2 L(9 gelas) dari total minuman dalam sehari.
Nah, air banyak sekali manfaatnya untuk kita sebagai makhluk hidup. Tentunya kita generasi muda mulai dari sekarang janganlah boros dalam menggunakan air dan tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita agar tidak tercemar. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Gunakan air secukupnya dan Air untuk masa depan yang lebih baik.

1 komentar:

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim