Senin, 29 Maret 2010

TANAMKAN CINTA MUSEUM

Oleh : Kang Dede Yusuf




Museum merupakan sebuah tempat peninggalan benda-benda bersejarah yang sangat sarat dengan pendidikan budaya bangsa. Di Indonesia sendiri kita memiliki banyak museum salah satunya di Taman Mini Indonesia Indah yang didirikan pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto. Di Taman Mini Indonesia Indah yang berletak di memiliki banyak museum seperti diantaranya museum keprajuritan Indonesia, museum Indonesia, museum serangga dan taman kupu-kupu, museum pusaka, museum litrik dan energi baru
Dewasa ini, museum semakin hari semakin ditinggal masyarakat. Tingkat kunjungan semakin hari semakun menipis. Jangankan untuk berkunjung ke museumnya berkunjung ke Taman Mini Indonesia nya saja sudah enggan. Rendahnya minat masyarakat berkunjung ke museum sangat di rasakan pihak pengelola, pada dasarnya lebih disebabkan faktor internal dan faktor eksternal dari tiap individu masyarakat Indonesia itu sendiri.
Faktor eksternal seperti (harga, jarak, lingkungan keluarga, dsb) jelas berpengaruh, tetapi faktor internal sebenarnya lebih berpengaruh secara dominan, sehingga jika ditanamkan motivasi yang kuat, setiap orang pasti bisa merasakan banyak manfaat yang di dapat dari kunjungan ke museum. Jadi hal utama faktor internal adalah motivasi(dorongan, minat, niat) berkunjung ke museum harus dimiliki oleh segenap orangtua atau guru, karena itu merupakan stimulus serta responsibility yang mampu membangkitkan kemauan dari rasa memiliki dari dalam diri kita masing – masing.
Beranjak dari problem tersebut, Taman Mini Indonesia Indah, www.kemuseumyuk.com dan segenap lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengkampanyekan Festival Museum Nusantara Tahun 2010. “seseorang tidak akan bisa belajar berenang kalau tidak menceburkan diri ke dalam air. Layaknya kita tidak akan mengenal seluk beluk budaya Indonesia jika tidak pernah berkunjung ke museum.
Oleh karena itu, mari teman-teman, sahabat, dan semua pembaca artikel ini mulai saat ini dan seterusnya sebagai warga negara Indonesia harus senantiasa tahu budaya yang ada di Indonesia dan jangan sampai kekayaan budaya kita di curi oleh negara lain. (DY)

Lihat juga :
1. http://kemuseumyuk.com
2. http://tamanmini.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim