Minggu, 16 April 2017

SEKILAS TENTANG KMD DAN KML

Salam Pramuka!

Salah satu jenjang pendidikan dan pelatihan dalam Gerakan Pramuka bagi anggota dewasa adalah Kursus Mahir bagi para Pembina. Kursus ini terdiri atas dua jenjang yaitu: Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

KMD diperuntukkan bagi para Pembina Gugusdepan atau Calon Pembina Gugusdepan, Anggota Mabi, Andalan Kwartir, dan Orang Dewasa lainnya yang telah atau pernah menjadi anggota Pramuka baik Siaga, Penggalang, maupun Penegak/Pandega dan memiliki kemauan untuk menjadi seorang Pembina Pramuka.

Setiap lulusan KMD wajib melaksanakan masa pengembangan yang disebut Narakarya I. Pada tahap ini lulusan KMD wajib mempraktekkan apa yang telah didapatkan dari KMD pada Gugusdepannya didampingi oleh Pelatih Pembina. Masa Narakarya I ini minimal dilaksanakan selama 6 bulan dan bagi Pembina yang telah melaksanakan masa pengembangan ini berhak mendapatkan Surat Hak Bina (SHB) dan dapat mengikuti jenjang Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML).

Pada jenjang KML, lulusan KMD akan memilih spesialisasi yakni Pembina Siaga, Pembina Penggalang, Pembina Penegak, atau Pembina Pandega. Lulusan KML juga wajib melakukan masa pemantapan yang disebut Narakarya II. Pada tahap ini seorang Pembina melakukan pemantapan pada satuan yang menjadi binaannya minimal 6 bulan dan didampingi oleh Pelatih Pembina. Setelah melaksanakan Narakarya II Pembina dapat dikukuhkan menjadi Pembina Mahir oleh Pusdiklacab dan mengenakan Selendang Mahir dan Pita Mahir sesuai dengan golongannya yaitu Mahir Siaga, Mahir Penggalang, Mahir Penegak, atau Mahir Pandega.

KMD dan KML dilaksanakan oleh Pusdiklacab dan kedua tingkatan Kursus Pembina ini merupakan dua jenjang yang saling berkesinambungan dan melengkapi.



Sekian sekilas tentang alur KMD dan KML bagi para Pembina Pramuka.

SUMBER : http://stefanussuletandi.blogspot.co.id/2015/11/sekilas-tentang-kmd-dan-kml.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim