Minggu, 16 Mei 2010

Lintasan Sejarah 9 Mei


Amerigo Vespucci Lahir

Tanggal 9 Mei tahun 1454, Amerigo Vespucci, pelaut dan penjelajah Italia terkenal, terlahir ke dunia di kota Florence. Vespucci menuntut ilmu di bidang sastra, bahasa Latin, fisika, geometri, atronomy, dan kosmograpy, lalu bekerja di beberapa tempat.

Keberhasilan penjelajahan Christopher Columbus membuat Vespucci tertarik untuk ikut serta dalam ekspedisi pencarian jalan tembus dari Eropa ke India. Setelah mendapat kapal dari Raja Ferdinand, Vespucci memulai ekspedisinya pada tahun 1497. Sekitar 27 hari kemudian, ia tiba di benua Amerika, kemungkinan wilayah Brazil, dan diterima baik oleh warga pribumi. Vespucci kemudian mengelilingi sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan kembali ke Spanyol.

Dia mendarat di Cadiz, Spanyol pada tahun 1498. Kisah perjalanan Vespucci diterbitkan oleh ahli geografi Jerman bernama Muller pda tahun 1507 dan di dalam bukunya itu Muller mengusulkan agar benua yang baru ditemukan itu diberi nama Amerika, sesuai dengan nama penemunya, Amerigo Vespucci. Vespucci meninggal dunia tahun 1512.

Taj Mahal Selesai Dibangun

Tanggal 9 Mei tahun 1653, Taj Mahal, yang merupakan salah satu bangunan arsitektur Islam terindah di dunia, selesai dibangun. Pada tahun 1631, Raja Mongol India, Shahjahan melakukan perjalanan ke selatan dengan ditemani istrinya Mumtaz Mahal, namun istrinya itu meninggal di Burhanpur. Saat itu, Mumtaz Mahal baru berusia 39 tahun dan telah melahirkan empatbelas anak. Setelah itu, selama dua tahun Shahjahan mengurung diri di istananya dan tidak mengadakan perayaan apapun. Untuk mengenang istri yang sangat dicintainya itu, makam Mumtaz Mahal dibangun dalam sebuah istana yang indah, di kota Agra, di utara Uttar Pradesh, di tepi sungai Yamuna.

Pembangunan istana ini dimulai tahun 1633 dengan pekerja 20.000 orang dan masa pembangunan 17 tahun. Para ahli arsitektur, kaligrafi, dan pengrajin batu didatangkan dari berbagai negeri, termasuk arsitek Persia bernama Isa Isfahani.

Frederick Schiller Meninggal

Tanggal 9 Mei tahun 1805, Frederick Schiller, salah seorang tokoh sastra terbesar Jerman meninggal dunia. Puisi-puisi aliran romantis di Jerman sangat dipengaruhi oleh Schiller. Schiller bahkan dianggap sebagai pembangun kesusasreaan Jerman modern di samping Goethe.

Naskah-naskah drama karya Schiller umumnya berupa tragedi atau epik dengan latar belakang sejarah dan politik yang mencerminkan idealisme dan prinsip etikanya yang tinggi, serta pembelaannya atas kebebasan. Krya drama Schiller di antaranya berjudul Wallenstein dan Don Carlos.

Armenia Menyerang Azerbaijan

Tanggal 9 Mei 1992, tentara Armenia memulai serangannya ke Azerbaijan. Pertentangan antara kedua negara ini berakar dari keinginan etnis Armenia yang tinggal di kawasan Nagorno-Karabakh yang terletak di Azerbaijan untuk memerdekakan diri, sejak tahun 1923. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, konflik tersebut semakin meruncing atas campur tangan pemerintah Armenia.

Pada tahun 1992, Armenia memulai invasinya ke Azerbaijan sehingga mengakibatkan tewasnya ribuan orang dan mengungsinya 1,4 juta orang. Meskipun pada tahun 1993 telah diadakan gencatan senjata, namun sebagian wilayah Azerbaijan masih diduduki Armenia dan konflik Nagorno-Karabakh hingga kini masih belum tuntas.

Mirza Nasrullah Malikul Mutakallimin Ditangkap

Tanggal 24 Jumadil Awwal tahun 1326 Hijriah, Mirza Nashrullah Malikul Mutakallimin, penulis dan pejuang dalam melawan despotisme kerajaan di Iran, ditangkap oleh antek-antek Raja Syah Muhamad Ali Qajar. Beberapa waktu kemudian, dia pun tewas dibunuh. Malikul Mutakklimin terlahir ke dunia pada tahun 1277 Hijriah di Isfahan, Iran.

Pada usia ke-22 tahun, dia melakukan perjalanan ke India. Penderitaan rakyat India yang dijajah oleh Inggris menimbulkan pengaruh besar dalam jiwanya sehingga ia kemudian menulis buku pertamanya yang berjudul Minal Khalq ilal Haq.

Buku ini mendapat sambutan luas dari rakyat dan ulama India, namun menimbulkan kemarahan dari pemerintah India dan kolonialis Inggris. Akibatnya, Malikul Mutakallimin pun diusir kembali ke Iran. Dia kemudian aktif memberikan pidato-pidato yang menentang pemerintahan Syah Muhammad Ali Qajar, sehingga akhirnya ditangkap dan dibunuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim