Dede Yusuf adalah seorang aktor, presenter, atlet, dan juga politikus. Ia mulai terkenal saat terjun ke dunia film dan sinetron laga Indonesia. Setelah berkecimpung lama di dunia entertainment, pria yang mempunyai nama lengkap Yusuf Macan Effendi ini mulai terjun ke dunia politik menjadi anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2004-2009 dan kemudian berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bersama Ahmad Heryawan. Akhirnya Kang Aher terpilih Gubernur Jawa Barat dan Dede Yusuf menjadi Wakil Gubernur Jabar periode 2008-2013. Dede-Yusuf Biografi Dede Yusuf Dede lahir di Jakarta, 14 September 1966. Dede Yusuf merupakan anak kedua dari pasangan (alm) Ir. Tammy Effendi dan Rahayu Effendi. Kakaknya adalah Bob Soelaiman Effendi. Almarhum ayah Dede bekerja sebagai Direktur di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Sementara Ibunya seorang penari di Istana Bogor dan Pramugari Garuda yang beralih profesi menjadi bintang film pada awal tahun 1965. Saat Dede lahir, salah satu film ibundanya, Macan Kemayoran menuai sukses. Sehingga ayahnya menamakan “Macan”. Agar tidak terkesan galak, kakek Dede menambahkan nama “Yusuf”. Masa Kecil Dede Yusuf Awalnya keluarga Dede masih menumpang di rumah sang kakek Roestam Effendi (pujangga prosa angkatan 1945). Saat Dede berusia 8 tahun, orang tuanya berpisah. Dede dan kakaknya selalu berganti-ganti rumah, kadang di rumah ayah, kadang di rumah ibu. Kondisi tersebut membentuk karakter Dede menjadi agak badung dan nakal. Untuk meredam hobi berkelahinya, ayahnya mengikutkan Dede dalam kegiatan silat. Dede juga mempunyai hobi membaca komik. Hobi ini begitu mempengaruhinya sehingga Dede bercita-cita menjadi manusia super seperti Batman atau Superman dan astronot. Dede Yusuf Peristiwa perceraian orang tua Dede tidak hanya berdampak negatif. Akibat perpisahan itu, Dede menjadi sosok yang mandiri. Bahkan pada usia 10 tahun Dede sudah menjalankan bisnis penyewaan komik kepada teman-teman di sekolahnya. Dede Yusuf Remaja Sejak SMP Dede sudah mengikuti program weight training ala idolanya, Arnold Schwarzenegger. Sehingga tubuh Dede menjadi lebih kekar daripada teman seusianya saat itu. Dede pun tidak hanya mempelajari silat. Berbagai jenis olah raga bela diri dicobanya, seperti Karate, Kungfu, Kempo, Jujitsu, dan Taekwondo yang telah samapi pada tingkat DAN-IV Kukkiwon (fourth Dan). Tak hanya berlatih, Dede juga mengikuti kompetisi bela diri, mulai dari kejuaraan cabang hingga tingkat nasional dari tahun 1982 hingga 1990. Dede pernah meraih gelar Juara Nasional Taekwondo kelas ringan tahun 1984 dan kelas ringan berat 1988. Dia pun terdaftar sebagai team nasional Indonesia selama beberapa tahun berturut turut. Sampai akhirnya dia berhenti bertanding dan konsentrasi melatih murid-muridnya di DOJO / DOJANG (sebutan untuk club bela diri). Termasuk mendirikan perguruan Taekwondo seperti Sembrani Club, BRI club, SMA 6 club, Pangudi Luhur Club, dll. Karier Dede Yusuf Kesukaan Dede pada beladiri, membuatnya berkeinginan menjadi bintang laga seperti Bruce Lee atau Chuck Norris. Dede pun rela mengikuti berbagai macam casting. Dia juga sering menjadi pemain figuran yang mendampingi bintang laga kala itu seperti Barry Prima, George Rudy, dan Advent Bangun. Dede juga menerima tawaran sebagai model di majalah-majalah ibukota. Dengan tekad untuk memasuki dunia showbiz sepenuhnya, Dede rela meninggalkan kuliah di tahun keempatnya di Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti. Kesempatan datang di tahun 1986 dengan debut pertamanya sebagai peran pembantu di film Catatan Si Boy besutan sutradara Nasri Cheppy. Setelah itu, Dede semakin sering bermain film dan (juga) serial televisi. Serial televisi yang melambungkan namanya adalah Jendela Rumah Kita di TVRI dengan peran sebagai Jojo yang mampu bertahan selama 4 tahun (1989-1992). Pada tahun 1992, Dede diajak oleh Ani Sumadi untuk memandu kuis Tak Tik Boom yang bertahan di papan atas rating televisi selama 6 tahun (1992-1998). Dede juga menjadi bintang iklan beberapa produk, di antaranya Tira Jeans, Homy Ped, Bosowa Motor, dan Green Sands, serta Bodrex. Bahkan Dede telah menjadi bintang iklan Bodrex selama 14 tahun. Setelah meninggalnya sang ayah di penghujung tahun 1993, peran Dede berubah dari drama menjadi action. Serial action yang pernah dibintangi Dede adalah Jalan Makin Membara yang masuk nominasi Award Televisi. Dede juga membintangi dan menyutradarai film Reinkarnasi (2000) yang berhasil meraih pernghargaan sebagai Film Laga Terpuji Festival Film Bandung 2000. Selain dikenal sebagai aktor, mantan foto model ini juga dikenal sebagai presenter, produser dan sutradara handal. Bahkan Piala Vidia Madya-FFI 1994 pernah dikoleksinya dari cerita serial Sepeda Anak Pak Uztad yang disutradarainya. Dede Yusuf Masuk Dunia Politik Dede berkenalan dengan dunia politik sejak bergabung dengan Kosgoro tahun 1992 sebagai salah satu pengurus pusat. Namun akhirnya dunia perfilman lebih menarik. Dede pun maju sebagai kandidat Ketua Umum PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) yang akhirnya dimenangkan Sys NS, sedang Dede menempati posisi sebagai Sekjen PARFI. Seiring kesibukannya untuk shooting, Dede akhirnya meletakkan jabatan itu. Akhirnya dunia politik praktis menariknya kembali. Dede mendaftar sebagai calon legislatif dari PAN untuk daerah pemilihan Jabar IX (Kuningan-Ciamis-Banjar). Dede pun terpilih sebagai Anggota Legislatif untuk masa jabatan 2004-2009 dan duduk di Komisi VII yg membidangi Energi, lingkungan Hidup, Minyak dan Gas serta Ristek. Dede Yusuf dengan didukung PAN kemudian berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat bersama Ahmad Heryawan. Akhirnya Kang Aher terpilih Gubernur Jawa Barat dan Dede Yusuf menjadi Wakil Gubernur Jabar periode 2008-2013. Pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat Periode 2013-2018, Dede Yusuf mencalonkan diri kembali namun sebagai calon Gubernur Jawa barat dengan Lex Laksmana sebagai wakilnya. Namun kali ini yang mengusung Dede Yusuf bukan PAN, tetapi Partai Demokrat. Dede Yusuf dan Lex Laksamana bersaing dengan pasangan Cagub-Cawagub lainnya yaitu Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki, Irianto MS Syafiuddin dan Tatang Farhanul Ilham, serta Dikdik Mulyana Arief dan Cecep Nana Suryana.
Pendidikan Dede Yusuf Formal
SD Budi Waluyo /Jkt 1972 – 1978
SMP Budi Waluyo /Jkt 1979 -1981
SMA Negeri VI/Jkt 1981 – 1984
Tingkat IV -Teknik Industri Univ. Trisakti / Jkt s/d Sem.VII, tidak lulus)
Non formal Beladiri(Pencak Silat) ” Al-Azhar ” 1976 – 1980
Kung-fu “Gerak Langit” 1980 – 1981
Taekwondo “Persada club” 1981 – 1999
Kehidupan Pribadi Dede Yusuf Dede menikah dengan Ir.Sendy Ramania Wurandani di awal tahun 1999 setelah berpacaran selama 7 tahun. Mereka berkenalan saat Dede menjadi pelatih Tae Kwon Do di SMA Tarakanita. Saat itu Sendy menjadi seorang Mayorette/Field commander dari Drum Band Tarakanita. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai dua orang anak, Alifiya Arkana Paramita (Lifi) dan Kaneishia Lathifa Zahra (Neishia).
Filmografi Dede Yusuf
Tahun Film Peran Catatan 1987
Catatan Si Boy Andy 1988
Catatan Si Boy 2 Andy
Biarkan Aku Cemburu 1990
Jendela Rumah Kita Jojo Serial TV
Perwira dan Ksatria 1991
Badai Laut Selatan 1993 Badut-Badut Kota 1994
Jalan Membara Handoko Serial TV 1996
Jalan Makin Membara Handoko Serial TV
Sapu Jagad Serial TV
Reinkarnasi Kung Aktor & Sutradara
Iklan
Bodrex (1994-sekarang)
Suzuki
Tira Jeans
Green Sands
Homy Ped
Bosowa Motor
Yakult
Presenter
Russian Roullette (2003)
Tak Tik Boom (1992-1998)
Chance Of A Life Time (2004)
Referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Dede_Yusuf http://selebriti.kapanlagi.com/indonesia/d/dede_yusuf/
Tagged with Artis Dede Yusuf PAN
السبت، 17 نوفمبر 2012
السبت، 6 أكتوبر 2012
الجمعة، 6 يوليو 2012
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM)
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM)
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
(DECISION SUPPORT SYSTEM)
Abstract
Sebuah aplikasi berupa Sistem Pendukung
Keputusan (Decision Support System) mulai dikembangkan pada tahun 1970.
Decision Support Sistem (DSS) dengan didukung oleh sebuah sistem informasi
berbasis komputer dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kinerjanya dalam
pengambilan keputusan. Seorang manajer di suatu perusahaan dapat memecahkan
masalah semi struktur, dimana manajer dan komputer harus bekerja sama sebagai
tim pemecah masalah dalam memecahkan masalah yang berada di area semi struktur.
DSS mendayagunakan resources individu-individu secara intelek dengan kemampuan
komputer untuk meningkatkan kualitas keputusan.
Definisi
Decision Support System dapat
dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk
mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.
Tujuan
Tujuan dari Decision Support System (DSS) antara lain adalah :
Tujuan dari Decision Support System (DSS) antara lain adalah :
· Membantu
manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi struktur
· Mendukung
penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
· Meningkatkan
efektifitas pengambilan keputusan seorang manajer dari pada efisiensinya.
Tahap-tahap
Tahap-tahap dalam pengambilan keputusan antara lain
adalah :
·
kegiatan intelijen,
·
kegiatan merancang,
·
kegiatan memilih dan menelaah.
Kegiatan
intelijen ini merupakan kegiatan mengamati lingkungan untuk mengetahui
kondisi-kondisi yang perlu diperbaiki. Kegiatan ini merupakan tahapan dalam
perkembangan cara berfikir. Untuk melakukan kegiatan intelijen ini diperlukan
sebuah sistem informasi, dimana informasi yang diperlukan ini didapatkan dari
kondisi internal maupun eksternal sehingga seorang manajer dapat mengambil
sebuah keputusan dengan tepat.
Kegiatan
merancang merupakan sebuah kegiatan untuk menemukan, mengembangkan dan
menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin untuk dilakukan. Tahap
perancangan ini meliputi pengembangan dan mengevaluasi serangkaian kegiatan
alternatif. Pertimbangan-pertimbangan utama telah diperkenalkan oleh Simon
untuk melakukan tahapan ini, apakah situasi keputusan ini terprogram atau
tidak. Sedangkan kegiatan memilih dan menelaah ini digunakan untuk memilih satu
rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia dan melakukan penilaian
terhadap tindakan yang telah dipilih.
Jenis - Jenis DSS
Jenis-jenis
DSS menurut tingkat kerumitan dan tingkat dukungan pemecahan masalahnya adalah
sebagai berikut:
·
Mengambil elemen-elemen informasi.
·
Menganalisis seluruh file.
·
Menyiapkan
laporan dari berbagai file.
·
Memperkirakan dari akibat keputusan.
·
Mengusulkan keputusan.
·
Membuat keputusan.
Model
Model DSS
terdiri dari:
1.
Model matematika.
2.
Database.
3.
Perangkat lunak.
Perangkat lunak DSS sering disebut juga dengan DSS generator. DSS generator ini berisi modul-modul untuk database, model
dan dialog manajemen. Modul database ini menyediakan beberapa hal, seperti:
creation, interrogation dan maintenance untuk DSS database. DSS database
memiliki kemampuan untuk menemukan sistem database yang telah disimpan.
Sedangkan modul model digunakan untuk menyajikan kemampuan membuat, menjaga dan
memanipulasi ke dalam bentuk model matematika. Model dasar ini menampilkan
electronic spreadsheet. Model dialog digunakan untuk menarik perhatian
para pengguna untuk berhubungan langsung antara pengguna dengan komputer dalam
mencari solusi.
Penerapan
DSS Dalam Suatu Instansi
Mengapa DSS digunakan dalam suatu perusahaan?
·
Perusahaan
beroperasi pada ekonomi yang tidak stabil.
·
Perusahaan
dihadapkan pada kompetisi dalam dan luar negeri yang meningkat.
·
Perusahaan
menghadapi peningkatan kesulitan dalam hal melacak jumlah operasi-operasi
bisnis.
· Sistem
komputer perusahaan tidak mendukung peningkatan tujuan perusahaan dalam hal
efisiensi, profitabilitas dan mencari jalan masuk di pasar yang benar-benar
menguntungkan.
Dampak
Pemanfaatan DSS
Dampak dari pemanfaatan
Decision Support System (DSS) antara lain :
·
Masalah-masalah
semi struktur dapat dipecahkan.
·
Problem yang
kompleks dapat diselesaikan.
·
Sistem dapat
berinteraksi dengan pemakainya.
· Dibandingkan
dengan pengambilan keputusan secara intuisi, pengambilan keputusan dengan DSS
dinilai lebih cepat dan hasilnya lebih baik.
· Menghasilkan
acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang
berpengalaman.
·
Untuk
masalah yang berulang, DSS dapat memberi keputusan yang lebih efektif.
· Fasilitas
untuk mengambil data dapat memberikan kesempatan bagi beberapa manajer untuk
berkomunikasi dengan lebih baik.
·
Meningkatkan
produktivitas dan kontrol dari manajer.
Faktor Pendukung DSS
Pengambilan
keputusan dipengaruhi oleh :
·
Faktor teknologi
·
Faktor kompleksitas struktural
·
Faktor pasar internasional
·
Faktor stabilitas politik
·
Faktor konsumerisme
·
Faktor intervensi pemerintah
·
Faktor
informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut,
·
Faktor gaya
pengambilan keputusan dan
·
Faktor kemampuan
(intelegensi ,persepsi, dan falsafah) serta
· Pertimbangan pengambil keputusan. Pengambilan keputusan selalu
berkaitan dengan ketidakpastian dari hasil keputusan yang diambil. Untuk
mengurangi faktor ketidakpastian tersebut, keputusan membutuhkan informasi yang
sahih mengenai kondisi yang telah, dan mungkin akan terjadi, kemudian mengolah
informasi tersebut menjadi beberapa alternatif pemecahan masalah sebagai bahan
pertimbangannya dalam memutuskan langkah yang akan dilaksanakannya, sehingga
keputusan yang diambil diharapkan dapat menrberikan keuntungan yang maksimal.
· Menggunakan aplikasi Computer Base Information System (CBIS)
untuk lingkungan kelompok, seperti: Electronic Meeting System (EMS) dan Group Decision Support System (GDSS).
Sistem Pendukung Keputusan Kelompok (group decision support system),
atau GDSS adalah suatu sistem berbasis komputer yang mendukung
kelompok-kelompok orang yang terlibat dalam suatu tugas (tujuan) bersama dan
yang menyediakan interface bagi suatu lingkungan yang digunakan bersama.
السبت، 30 يونيو 2012
TUGAS PAPER UAS MATA KULIAH DELPHI 7
APLIKASI PENCARIAN DATA PART MOBIL
DI PERUSAHAAN
TOYOTA ASTRA MOTOR (PT.TMMIN)
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Pemrograman Delphi
Disusun Oleh :
Dede Yusuf NIM 31111025
Enda Darmawan NIM 31111019
Dian Saputra NIM 3112169
KELAS SABTU MINGGU
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
STT PELITA BANGSA
2012
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena atas rahmat dan karunia-NYA tim penulis dapat menyelesaikan tugas makalah bahasa pemrograman Delphi ini.
Adapun penyusunan makalah ini bertujuan sebagai pengganti UAS mata kuliah pemrograman delphi sehingga dengan adanya tugas makalah ini tim penulis tidak perlu mengikuti UAS mata kuliah pemrograman delphi.
Pada kesempatan ini, tim penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini. Tim penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahannya.
Untuk itu segala kritik dan saran dari berbagai pihak tim penulis terima demi terciptanya suatu makalah yang lebih baik lagi di kemudian hari. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat & berguna bagi tim penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Hormat kami,
Penyusun
DAFTAR ISI
COVER 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB 1
PENDAHULUAN 41.1 Apa itu Delphi...................................................................................................4
1.2 Pengertian Delphi..............................................................................................5
1.3 Kegunaan Delphi..............................................................................................5
1.4 Kelebihan Delphi..............................................................................................5
1.5 Kelemahan Delphi............................................................................................6
1.6 Sejarah Borland Delphi....................................................................................6
BAB 2
PENGENALAN IDE2.1 Pengenalan IDE Delphi..................................................................................7
2.2 Windows utama..............................................................................................8
2.3 Component Pallete..........................................................................................9
2.4 Object Inspector..............................................................................................9
2.5 Object Treeview.............................................................................................10
2.6 Form Designer...............................................................................................11
2.7 Code Editor...................................................................................................11
BAB 3
PEMBAHASAN3.1 Membuat Aplikasi Baru..................................................................................13
3.2 Menyimpan Aplikasi........................................................................................14
A. Menyimpan File Unit ...............................................................................14
B. Menyimpan File Project............................................................................15
3.3 Mengeksekusi Aplikasi....................................................................................16
BAB 4
PENUTUP4.1 Kesimpulan dan Saran ....................................................................................17
DAFTAR PUSTAKA 18
.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Apa Itu Delphi ?
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo, salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter, Titan dan lain sebagainya.
Selain itu Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifat Objek (Object Oriented Programming) artinya adalah sebuah program yang mempunyai objek-objek tertentu dalam pemrograman nya.. Dengan Delphi Anda bisa membuat program-program dengan tampilan yang menawan, Delphi hanya bisa bekerja di bawah System Microsoft Windows sedangkan untuk system yang lain seperti Linux atau Unix Delphi mempunyai saudara kembarnya yang bisa bekerja pada system tersebut yaitu KYLIX.
Syntax-syntax Delphi di adopsi dari bahasa Pascal, untuk itu di dalam tutorial Dasar-dasar Delphi ini saya akan mengajak Anda ke masa lalu dimana pemrograman komputer saat itu masih menggunakan system 16 BIT yaitu Bahasa PASCAL sebelum Anda dibawa untuk mempelajari Pemrograman Delphi. Bila Anda sudah bisa bahasa PASCAL Anda dapat melewati pengantar mengenai bahasa Pascal ini.
Dengan mengenal dasar-dasar bahasa pascal, Anda akan mudah untuk mempelajari pemrograman Delphi sebab semua syntax yang ada dalam pascal sama dengan syntax bahasa delphi, tetapi syntax dalam delphi tidak bisa diadopsi ke pascal karena itulah dalam pengantar ini saya beri judul Delphi adalah pascal tapi pascal bukan delphi.
1.2 Pengertian Delphi
Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ). Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ). Sehingga lebih mudah untuk digunakan. Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh Code Gear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero. Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.
1.3 Kegunaan Delphi
Adapun tujuan atau kegunana aplikasi Deplhi yaitu sebagai berikkut :
a) Untuk membuat aplikasi windows
b) Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
c) Untuk membuat program berbasis jaringan (Client Server)
d) Untuk merancang program . Net (berbasis internet)
1.4 Kelebihan Delphi
IDE (Integrated Development Envinronment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah salah satu dari beberapa keunggulan Delphi, di dalamnya terdapat menu-menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
Proses kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat di jalankan pada delphi, maka secara otomatis akan di baca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
Bersifat Multi Purphase. Artinya bahasa pemrograman delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
1.5 Kelemahan Delphi
Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya).
Terbatasnya kemampuan portabiitas antar-platform (sebelum ada xylix)
Akses pada Platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal.
Dolumentasi antar platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses com & win 32).
1.6 Sejarah Borland Delphi
Delphi versi 1 ( berjalan pada windows 3,1 /windows 16 bit)
Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95/delphi 32 bit)
Delphi versi 3 (Berjalan pada windows 95 ke atas dengan tambahan fitur internet/web)
Perkembangan selanjutnya di ikuti dengan versi 4, 5 & 6
Versi terkini adalah versi 7 dengan tambahan vitur . Net dengan tambahan file XML
BAB 2
PENGENALAN IDE
2.1 PENGENALAN IDE DELPHI
Untuk memulai mempelajari Borland Delphi, langkah pertama yang biasa dilakukan adalah dengan mempelajari lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment) dari Borland Delphi itu sendiri. Untuk memulai Borland Delphi, cara yang dilakukan adalah dengan mengklik tombol Start Programs Borland Delphi 7 Delphi 7. Ketika Delphi dimulai, maka anda akan dihadapkan pada layar seperti di bawah ini.
Gambar 2.1 IDE Delphi
IDE Delphi seperti yang terlihat di gambar 2.1 memiliki beberapa windows yang mempunyai fungsi tersendiri. Windows-windows itu adalah :
1. Window Utama
2. Component Palette
3. Object Inspector
4. Object TreeView
5. Form Designer
6. Code Editor
2.2 WINDOW UTAMA
Window utama berada pada posisi atas dari layar. Window utama terdiri dari menu utama, toolbar dan component palette. Kotak judul diatas pada windows utama berisi nama dari project yang sedang dikerjakan. Kotak menu terdiri dari menu-menu drop-down. Pada bagian Toolbar terdapat sekumpulan shortcut/tombol untuk operasi-operasi yang sering digunakan (seperti menjalankan program, menambahkan form ke sebuah proyek, menyimpan unit dan lain-lain). Untuk melihat fungsi dari tiap-tiap tombol yang ada, dapat dilihat dengan meletakan cursor mouse di atas tombol tersebut. Tak lama kemudian akan muncul hint yang menampilkan fungsi dari tombol tersebut. Window utama dapat dilihat seperti pada gambar 2.2 di bawah ini.
Gambar 2.2 Menu Utama
2.3 COMPONENT PALETTE
Pada program-program yang berjalan pada sistem operasi Windows, pengguna disajikan dengan aplikasi yang terdiri dari layar dan objek-objek yang berbeda, seperti tombol, textbox, radiobutton, check box dan lain-lain. Dalam pemrograman Delphi, istilah objek-objek tersebut disebut dengan control atau komponen. Komponen adalah blok-blok bagian yang akan membentuk suatu aplikasi Delphi. Komponen-komponen tersebut dapat dilihat pada window Component Palette. Untuk menempatkan sebuah komponen ke sebuah windows, cukup dengan mengklik komponen dari component palette kemudian mengklik lokasi tempat penempatan komponen tersebut di dalam form. Setiap komponen mempunyai atribut tertentu yang memungkinkan bagi pengembang untuk mengatur aplikasi ketika waktu desain (design time) atau waktu dijalankan (run time). Component palette dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 2.3 Component Palette
Komponen-komponen pada component palette dikelompokkan berdasarkan fungsi yang dapat dilakukannya. Setiap halaman tab pada component palette menampilkan sekumpulan icon yang mewakili komponen yang digunakan untuk mendesain interface aplikasi.
2.4 OBJECT INSPECTOR
Setiap komponen dan setiap form mempunyai sekumpulan properties (seperti warna, ukuran, posisi, judul (caption) yang dapat dimodifikasi pada IDE Delphi atau dalam kode program anda), dan sekumpulan event (seperti klik mouse, penekanan tombol) dimana anda dapat menentukan beberapa perilaku tambahan. Objek Inspector menampilkan properties dan event untuk komponen yang sedang dipilih dan memperbolehkan anda untuk mengganti nilai properti atau memilih respon terhadap suatu event yang terjadi. Object Inspector dapat dilihat pada gambar 2.4 di bawah ini.
Gambar 2.4 Object Inspector
Sebagai contoh, setiap form mempunyai Caption (judul yang terlihat pada kotak judul). Untuk mengubahnya judul tersebut, caranya adalah dengan mengaktifkan form dengan mengklik form tersebut. Kemudian pada Object Inspector carilah properti Caption (pada kolom kiri), kemudian ganti isinya yang ada pada bagian kanan dengan mengisi Caption/judul yang diinginkan. Jangan lupa tekan tombol Enter jika telah yakin caption baru tersebut akan digunakan. Mirip dengan properti, event juga dapat dipergunakan. Misalnya kita akan membuat menampilkan suatu pesan ketika form diklik, maka caranya adalah dengan aktifkan form dengan mengklik formnya kemudian di Object Inspector klik tab Event. Kemudian cari event OnClick dan kemudian double klik di bagian kanan atau isi nama metode yang akan digunakan ketika event klik terjadi.
2.5 OBJECT TREEVIEW
Di bagian atas Object Inspector anda akan melihat window Object TreeView. Awalnya window ini hanya terdiri dari nama Form. Tetapi ketika anda menambahkan sebuah komponen ke form tersebut, maka object baru tersebut akan terdaftar di dalam Object TreeView di bagian bawah form. Object TreeView akan menampilkan diagram pohon yang mencerminkan hubungan parent-child dari komponen-komponen. Object TreeView dapat dilihat pada gambar 2.5 di bawah ini.
Gambar 2.5 Object TreeView
2.6 FORM DESIGNER
Setiap anda memulai Delphi, sebuah project dibuat yang terdiri dari sebuah window kosong. Umumnya aplikasi Delphi terdiri dari beberapa window. Window tersebut di Delphi disebut sebagai form. Awalnya form pertama akan diberi nama Form1. Kita bisa menganti namanya, melakukan perubahan ukuran atau mengatur posisinya. Window biasanya mempunyai caption/judul dan tiga tombol standar yaitu minimize, maximize dan tutup window. Form designer merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form berbentuk sebuah lembar kosong yang dapat diisi denagn komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat anda memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang diberi nama Form1, seperti pada gambar 2.6 di bawah ini.
Gambar 2.6 Form kosong
Dalam sebuah form terdapat titik-titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dipasang pada form.
2.7 CODE EDITOR
Code Editor merupakan tempat di mana anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. Keuntungan bagi pemakai Delphi adalah bahwa anda tidak perlu menuliskan kode-kode sumber, karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program seperti tampak pada gambar 2.7. Window ini akan menampilkan kode program yang sedang dibuat. Anda dapat membuka lebih dari sebuah file dalam Code Editor. Setiap file dibuka pada sebuah halaman baru dari Code Editor, dan setiap halaman diwakili dengan sebuah tab di atas window.
Gambar 2.7 Layar Code Editor
BAB 3
PEMBAHASAN
3.1 MEMBUAT APLIKASI BARU
Dalam Delphi, sebuah aplikasi/program dibangun berdasarkan project. File project berisi referensi kepada semua form dan unit yang digunakan dalam project. Untuk membuat suatu aplikasi baru, Klik menu File New Application yang akan membuat suatu project baru dengan sebuah form. Gambar 3.1 memperlihatkan tampilan ketika sebuah project baru dibuat.
Gambar 3.1 Tampilan project baru
Pada gambar 3.1 dapat dilihat ketika membuat suatu aplikasi baru, maka akan muncul sebuah project baru dengan sebuah form dengan nama Form1.
3.2 MENYIMPAN APLIKASI
Penyimpanan suatu aplikasi baru, memerlukan 2 langkah yaitu menyimpan file-file unit dan file project. Cara paling sederhana untuk menyimpan suatu aplikasi baru adalah dengan klik icon Save All atau File Save All atau dengan menekan tombol Shift+Control+S. Save All berguna untuk menyimpan semua file yang sedang dibuka. Jadi Save All akan menyimpan file unit dan file projectnya. Perhatikan judul dialog penyimpanan file. Jika judulnya menyatakan : “Save Project1 As”, itu artinya dialog penyimpanan project. Tetapi jika judulnya menyatakan : “Save Unit1 As” itu berarti dialog penyimpanan unit.
Menyimpan File Unit
Jika hanya ingin menyimpan file unitnya saja, langkah yang dilakukan adalah mengklik icon Save () atau File Save. Tapi harus diingat kalau file yang aktif di Code Editor merupakan file project, maka Save akan bekerja sebagai Save Project. File unit akan mempunyai ekstensi .pas. Tampilan dialog penyimpanan Unit seperti pada gambar 4.2 di bawah ini.
Gambar 3.2 Tampilan dialog penyimpanan Unit
Jika project yang dibuat merupakan project baru, sangat disarankan agar sebelum anda menyimpan file, buat dulu folder baru. Klik tombol Save untuk menyimpan file unit tersebut.
Untuk mempermudah mengingat isi dari unit, sebaiknya setiap file unit diisi dengan nama sesuai dengan nama formnya dan umumnya dimulai dengan huruf U. Misalnya UTambahData.Pas untuk unit / form yang berguna untuk menambah data.
Menyimpan File Project
Setelah unit disimpan, langkah selanjutnya adalah menyimpan file project. File project akan mempunyai ekstensi .dpr (Delphi project). File inilah yang akan dikompilasi menjadi suatu file executable (file exe).
Untuk menyimpan file project caranya adalah dengan mengklik menu File Save Project As. Tampilan dialog penyimpanan file project dapat dilihat pada gambar 3.3.
Gambar 3.3 Tampilan diaog penyimpanan fIle project
3.3 MENGEKSEKUSI APLIKASI
Untuk mengeksekusi aplikasi, cara yang dilakukan adalah dengan mengkompilasi project yang sedang dibuat dan kemudian menjalankannya.
Untuk menjalankan project langkah yang dilakukan adalah mengklik tombol Run Run atau mengklik icon Run ( ) atau dengan menekan tombol F9. Jika tidak ada kesalahan dalam program, maka Delphi akan mengeksekusinya. Lihat contoh di di bawah ini pada gambar 3.4
Gambar 3.4 Contoh eksekusi aplikasi
Dapat dilihat walaupun aplikasi yang dibuat masih kosong, tetapi sudah mempunyai fungsi window yang lengkap seperti dapat diresize, dipindahkan, diminimize, dimaximize dan tersedia pula tombol close. Pada bab-bab selanjutnya kita akan menempatkan komponen-komponen untuk melengkapi form tersebut.
Untuk kembali ke lingkungan IDE Delphi, klik tombol close (x)
BAB 4
PENUTUP
A. Kesimpulan
Delphi adalah bahasa pemrograman yang sangat menarik bagi para programer. Dari sisi bahasa. Delphi merupakan salah satu bahasapemrograman tingkat tinggi sehingga relatif lebih mudah untuk di pahami dan lebih komunikatif. Dari segi fasilitas, delphi menyediakan fasilitas cukup lengkap, dari segi tampilan program. Delphi mampu membuat program yang cukup cantik dan menarik.
B. Saran
Tidak bisa di ingkari dewasa ini telah banyak bahasa pemrograman salah satunya pemrograman visual basic. Namu tidak ada salahnya apabila memanfaatkan bahasa pemrograman delphi. Dengan demikian ilmu dan pengetahuan kita menjadi lebih banyak dan luas, dengan mengetahui dasar-dasar pemrograman. mudah-mudahan bisa jadikan bekal untuk membangun bangsa ini menjadi lebih maju dalam iptek maupun imtak.
Penulis menyadari bahwa paper yang ditulis ini belum sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritikan yang positif agar dapat mengoreksi kesalahan yang ada dalam paper ini untuk perbaikan di masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.com
http://planetsourcecode.com
http://pelitabangsa.dendykp.net/algo-delphi/
(materi Matakuliah delphi 1-10 bentuk pdf)
DI PERUSAHAAN
TOYOTA ASTRA MOTOR (PT.TMMIN)
Disusun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Pemrograman Delphi
Disusun Oleh :
Dede Yusuf NIM 31111025
Enda Darmawan NIM 31111019
Dian Saputra NIM 3112169
KELAS SABTU MINGGU
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
STT PELITA BANGSA
2012
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena atas rahmat dan karunia-NYA tim penulis dapat menyelesaikan tugas makalah bahasa pemrograman Delphi ini.
Adapun penyusunan makalah ini bertujuan sebagai pengganti UAS mata kuliah pemrograman delphi sehingga dengan adanya tugas makalah ini tim penulis tidak perlu mengikuti UAS mata kuliah pemrograman delphi.
Pada kesempatan ini, tim penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini. Tim penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahannya.
Untuk itu segala kritik dan saran dari berbagai pihak tim penulis terima demi terciptanya suatu makalah yang lebih baik lagi di kemudian hari. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat & berguna bagi tim penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Hormat kami,
Penyusun
DAFTAR ISI
COVER 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB 1
PENDAHULUAN 41.1 Apa itu Delphi...................................................................................................4
1.2 Pengertian Delphi..............................................................................................5
1.3 Kegunaan Delphi..............................................................................................5
1.4 Kelebihan Delphi..............................................................................................5
1.5 Kelemahan Delphi............................................................................................6
1.6 Sejarah Borland Delphi....................................................................................6
BAB 2
PENGENALAN IDE2.1 Pengenalan IDE Delphi..................................................................................7
2.2 Windows utama..............................................................................................8
2.3 Component Pallete..........................................................................................9
2.4 Object Inspector..............................................................................................9
2.5 Object Treeview.............................................................................................10
2.6 Form Designer...............................................................................................11
2.7 Code Editor...................................................................................................11
BAB 3
PEMBAHASAN3.1 Membuat Aplikasi Baru..................................................................................13
3.2 Menyimpan Aplikasi........................................................................................14
A. Menyimpan File Unit ...............................................................................14
B. Menyimpan File Project............................................................................15
3.3 Mengeksekusi Aplikasi....................................................................................16
BAB 4
PENUTUP4.1 Kesimpulan dan Saran ....................................................................................17
DAFTAR PUSTAKA 18
.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Apa Itu Delphi ?
Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Kata Delphi sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuil yang dibangun untuk menyembah Dewa Apollo, salah satu Dewa yang disegani oleh orang-orang Yunani selain Dewa-Dewa lain seperti Jupiter, Titan dan lain sebagainya.
Selain itu Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman yang bersifat Objek (Object Oriented Programming) artinya adalah sebuah program yang mempunyai objek-objek tertentu dalam pemrograman nya.. Dengan Delphi Anda bisa membuat program-program dengan tampilan yang menawan, Delphi hanya bisa bekerja di bawah System Microsoft Windows sedangkan untuk system yang lain seperti Linux atau Unix Delphi mempunyai saudara kembarnya yang bisa bekerja pada system tersebut yaitu KYLIX.
Syntax-syntax Delphi di adopsi dari bahasa Pascal, untuk itu di dalam tutorial Dasar-dasar Delphi ini saya akan mengajak Anda ke masa lalu dimana pemrograman komputer saat itu masih menggunakan system 16 BIT yaitu Bahasa PASCAL sebelum Anda dibawa untuk mempelajari Pemrograman Delphi. Bila Anda sudah bisa bahasa PASCAL Anda dapat melewati pengantar mengenai bahasa Pascal ini.
Dengan mengenal dasar-dasar bahasa pascal, Anda akan mudah untuk mempelajari pemrograman Delphi sebab semua syntax yang ada dalam pascal sama dengan syntax bahasa delphi, tetapi syntax dalam delphi tidak bisa diadopsi ke pascal karena itulah dalam pengantar ini saya beri judul Delphi adalah pascal tapi pascal bukan delphi.
1.2 Pengertian Delphi
Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ). Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ). Sehingga lebih mudah untuk digunakan. Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh Code Gear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero. Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.
1.3 Kegunaan Delphi
Adapun tujuan atau kegunana aplikasi Deplhi yaitu sebagai berikkut :
a) Untuk membuat aplikasi windows
b) Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
c) Untuk membuat program berbasis jaringan (Client Server)
d) Untuk merancang program . Net (berbasis internet)
1.4 Kelebihan Delphi
IDE (Integrated Development Envinronment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah salah satu dari beberapa keunggulan Delphi, di dalamnya terdapat menu-menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
Proses kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat di jalankan pada delphi, maka secara otomatis akan di baca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
Bersifat Multi Purphase. Artinya bahasa pemrograman delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
1.5 Kelemahan Delphi
Partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya).
Terbatasnya kemampuan portabiitas antar-platform (sebelum ada xylix)
Akses pada Platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal.
Dolumentasi antar platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses com & win 32).
1.6 Sejarah Borland Delphi
Delphi versi 1 ( berjalan pada windows 3,1 /windows 16 bit)
Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95/delphi 32 bit)
Delphi versi 3 (Berjalan pada windows 95 ke atas dengan tambahan fitur internet/web)
Perkembangan selanjutnya di ikuti dengan versi 4, 5 & 6
Versi terkini adalah versi 7 dengan tambahan vitur . Net dengan tambahan file XML
BAB 2
PENGENALAN IDE
2.1 PENGENALAN IDE DELPHI
Untuk memulai mempelajari Borland Delphi, langkah pertama yang biasa dilakukan adalah dengan mempelajari lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment) dari Borland Delphi itu sendiri. Untuk memulai Borland Delphi, cara yang dilakukan adalah dengan mengklik tombol Start Programs Borland Delphi 7 Delphi 7. Ketika Delphi dimulai, maka anda akan dihadapkan pada layar seperti di bawah ini.
Gambar 2.1 IDE Delphi
IDE Delphi seperti yang terlihat di gambar 2.1 memiliki beberapa windows yang mempunyai fungsi tersendiri. Windows-windows itu adalah :
1. Window Utama
2. Component Palette
3. Object Inspector
4. Object TreeView
5. Form Designer
6. Code Editor
2.2 WINDOW UTAMA
Window utama berada pada posisi atas dari layar. Window utama terdiri dari menu utama, toolbar dan component palette. Kotak judul diatas pada windows utama berisi nama dari project yang sedang dikerjakan. Kotak menu terdiri dari menu-menu drop-down. Pada bagian Toolbar terdapat sekumpulan shortcut/tombol untuk operasi-operasi yang sering digunakan (seperti menjalankan program, menambahkan form ke sebuah proyek, menyimpan unit dan lain-lain). Untuk melihat fungsi dari tiap-tiap tombol yang ada, dapat dilihat dengan meletakan cursor mouse di atas tombol tersebut. Tak lama kemudian akan muncul hint yang menampilkan fungsi dari tombol tersebut. Window utama dapat dilihat seperti pada gambar 2.2 di bawah ini.
Gambar 2.2 Menu Utama
2.3 COMPONENT PALETTE
Pada program-program yang berjalan pada sistem operasi Windows, pengguna disajikan dengan aplikasi yang terdiri dari layar dan objek-objek yang berbeda, seperti tombol, textbox, radiobutton, check box dan lain-lain. Dalam pemrograman Delphi, istilah objek-objek tersebut disebut dengan control atau komponen. Komponen adalah blok-blok bagian yang akan membentuk suatu aplikasi Delphi. Komponen-komponen tersebut dapat dilihat pada window Component Palette. Untuk menempatkan sebuah komponen ke sebuah windows, cukup dengan mengklik komponen dari component palette kemudian mengklik lokasi tempat penempatan komponen tersebut di dalam form. Setiap komponen mempunyai atribut tertentu yang memungkinkan bagi pengembang untuk mengatur aplikasi ketika waktu desain (design time) atau waktu dijalankan (run time). Component palette dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 2.3 Component Palette
Komponen-komponen pada component palette dikelompokkan berdasarkan fungsi yang dapat dilakukannya. Setiap halaman tab pada component palette menampilkan sekumpulan icon yang mewakili komponen yang digunakan untuk mendesain interface aplikasi.
2.4 OBJECT INSPECTOR
Setiap komponen dan setiap form mempunyai sekumpulan properties (seperti warna, ukuran, posisi, judul (caption) yang dapat dimodifikasi pada IDE Delphi atau dalam kode program anda), dan sekumpulan event (seperti klik mouse, penekanan tombol) dimana anda dapat menentukan beberapa perilaku tambahan. Objek Inspector menampilkan properties dan event untuk komponen yang sedang dipilih dan memperbolehkan anda untuk mengganti nilai properti atau memilih respon terhadap suatu event yang terjadi. Object Inspector dapat dilihat pada gambar 2.4 di bawah ini.
Gambar 2.4 Object Inspector
Sebagai contoh, setiap form mempunyai Caption (judul yang terlihat pada kotak judul). Untuk mengubahnya judul tersebut, caranya adalah dengan mengaktifkan form dengan mengklik form tersebut. Kemudian pada Object Inspector carilah properti Caption (pada kolom kiri), kemudian ganti isinya yang ada pada bagian kanan dengan mengisi Caption/judul yang diinginkan. Jangan lupa tekan tombol Enter jika telah yakin caption baru tersebut akan digunakan. Mirip dengan properti, event juga dapat dipergunakan. Misalnya kita akan membuat menampilkan suatu pesan ketika form diklik, maka caranya adalah dengan aktifkan form dengan mengklik formnya kemudian di Object Inspector klik tab Event. Kemudian cari event OnClick dan kemudian double klik di bagian kanan atau isi nama metode yang akan digunakan ketika event klik terjadi.
2.5 OBJECT TREEVIEW
Di bagian atas Object Inspector anda akan melihat window Object TreeView. Awalnya window ini hanya terdiri dari nama Form. Tetapi ketika anda menambahkan sebuah komponen ke form tersebut, maka object baru tersebut akan terdaftar di dalam Object TreeView di bagian bawah form. Object TreeView akan menampilkan diagram pohon yang mencerminkan hubungan parent-child dari komponen-komponen. Object TreeView dapat dilihat pada gambar 2.5 di bawah ini.
Gambar 2.5 Object TreeView
2.6 FORM DESIGNER
Setiap anda memulai Delphi, sebuah project dibuat yang terdiri dari sebuah window kosong. Umumnya aplikasi Delphi terdiri dari beberapa window. Window tersebut di Delphi disebut sebagai form. Awalnya form pertama akan diberi nama Form1. Kita bisa menganti namanya, melakukan perubahan ukuran atau mengatur posisinya. Window biasanya mempunyai caption/judul dan tiga tombol standar yaitu minimize, maximize dan tutup window. Form designer merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form berbentuk sebuah lembar kosong yang dapat diisi denagn komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat anda memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang diberi nama Form1, seperti pada gambar 2.6 di bawah ini.
Gambar 2.6 Form kosong
Dalam sebuah form terdapat titik-titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dipasang pada form.
2.7 CODE EDITOR
Code Editor merupakan tempat di mana anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. Keuntungan bagi pemakai Delphi adalah bahwa anda tidak perlu menuliskan kode-kode sumber, karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program seperti tampak pada gambar 2.7. Window ini akan menampilkan kode program yang sedang dibuat. Anda dapat membuka lebih dari sebuah file dalam Code Editor. Setiap file dibuka pada sebuah halaman baru dari Code Editor, dan setiap halaman diwakili dengan sebuah tab di atas window.
Gambar 2.7 Layar Code Editor
BAB 3
PEMBAHASAN
3.1 MEMBUAT APLIKASI BARU
Dalam Delphi, sebuah aplikasi/program dibangun berdasarkan project. File project berisi referensi kepada semua form dan unit yang digunakan dalam project. Untuk membuat suatu aplikasi baru, Klik menu File New Application yang akan membuat suatu project baru dengan sebuah form. Gambar 3.1 memperlihatkan tampilan ketika sebuah project baru dibuat.
Gambar 3.1 Tampilan project baru
Pada gambar 3.1 dapat dilihat ketika membuat suatu aplikasi baru, maka akan muncul sebuah project baru dengan sebuah form dengan nama Form1.
3.2 MENYIMPAN APLIKASI
Penyimpanan suatu aplikasi baru, memerlukan 2 langkah yaitu menyimpan file-file unit dan file project. Cara paling sederhana untuk menyimpan suatu aplikasi baru adalah dengan klik icon Save All atau File Save All atau dengan menekan tombol Shift+Control+S. Save All berguna untuk menyimpan semua file yang sedang dibuka. Jadi Save All akan menyimpan file unit dan file projectnya. Perhatikan judul dialog penyimpanan file. Jika judulnya menyatakan : “Save Project1 As”, itu artinya dialog penyimpanan project. Tetapi jika judulnya menyatakan : “Save Unit1 As” itu berarti dialog penyimpanan unit.
Menyimpan File Unit
Jika hanya ingin menyimpan file unitnya saja, langkah yang dilakukan adalah mengklik icon Save () atau File Save. Tapi harus diingat kalau file yang aktif di Code Editor merupakan file project, maka Save akan bekerja sebagai Save Project. File unit akan mempunyai ekstensi .pas. Tampilan dialog penyimpanan Unit seperti pada gambar 4.2 di bawah ini.
Gambar 3.2 Tampilan dialog penyimpanan Unit
Jika project yang dibuat merupakan project baru, sangat disarankan agar sebelum anda menyimpan file, buat dulu folder baru. Klik tombol Save untuk menyimpan file unit tersebut.
Untuk mempermudah mengingat isi dari unit, sebaiknya setiap file unit diisi dengan nama sesuai dengan nama formnya dan umumnya dimulai dengan huruf U. Misalnya UTambahData.Pas untuk unit / form yang berguna untuk menambah data.
Menyimpan File Project
Setelah unit disimpan, langkah selanjutnya adalah menyimpan file project. File project akan mempunyai ekstensi .dpr (Delphi project). File inilah yang akan dikompilasi menjadi suatu file executable (file exe).
Untuk menyimpan file project caranya adalah dengan mengklik menu File Save Project As. Tampilan dialog penyimpanan file project dapat dilihat pada gambar 3.3.
Gambar 3.3 Tampilan diaog penyimpanan fIle project
3.3 MENGEKSEKUSI APLIKASI
Untuk mengeksekusi aplikasi, cara yang dilakukan adalah dengan mengkompilasi project yang sedang dibuat dan kemudian menjalankannya.
Untuk menjalankan project langkah yang dilakukan adalah mengklik tombol Run Run atau mengklik icon Run ( ) atau dengan menekan tombol F9. Jika tidak ada kesalahan dalam program, maka Delphi akan mengeksekusinya. Lihat contoh di di bawah ini pada gambar 3.4
Gambar 3.4 Contoh eksekusi aplikasi
Dapat dilihat walaupun aplikasi yang dibuat masih kosong, tetapi sudah mempunyai fungsi window yang lengkap seperti dapat diresize, dipindahkan, diminimize, dimaximize dan tersedia pula tombol close. Pada bab-bab selanjutnya kita akan menempatkan komponen-komponen untuk melengkapi form tersebut.
Untuk kembali ke lingkungan IDE Delphi, klik tombol close (x)
BAB 4
PENUTUP
A. Kesimpulan
Delphi adalah bahasa pemrograman yang sangat menarik bagi para programer. Dari sisi bahasa. Delphi merupakan salah satu bahasapemrograman tingkat tinggi sehingga relatif lebih mudah untuk di pahami dan lebih komunikatif. Dari segi fasilitas, delphi menyediakan fasilitas cukup lengkap, dari segi tampilan program. Delphi mampu membuat program yang cukup cantik dan menarik.
B. Saran
Tidak bisa di ingkari dewasa ini telah banyak bahasa pemrograman salah satunya pemrograman visual basic. Namu tidak ada salahnya apabila memanfaatkan bahasa pemrograman delphi. Dengan demikian ilmu dan pengetahuan kita menjadi lebih banyak dan luas, dengan mengetahui dasar-dasar pemrograman. mudah-mudahan bisa jadikan bekal untuk membangun bangsa ini menjadi lebih maju dalam iptek maupun imtak.
Penulis menyadari bahwa paper yang ditulis ini belum sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan kritikan yang positif agar dapat mengoreksi kesalahan yang ada dalam paper ini untuk perbaikan di masa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.com
http://planetsourcecode.com
http://pelitabangsa.dendykp.net/algo-delphi/
(materi Matakuliah delphi 1-10 bentuk pdf)
الاثنين، 28 مايو 2012
Tubuh Sehat Diawali Konsumsi Minuman yang Tepat
TRIBUNNEWS.COM - Memiliki tubuh sehat
ternyata dipengaruhi cara memilih minuman yang sehat pula. Jika caranya
tepat, porsinya juga tepat, maka hidup sehat tidak lagi sulit digapai.
Berikut ada 12 cara sehat mengkonsumsi minuman sehat seperti dikutip
dari grup facebook GERAKAN SADAR GIZI yang ditulis ahli gizi Rosihan
Anwar Sgz.1. Awalilah menu minuman (atau makanan) pagi Anda dengan jus sayuran. Brokoli, wortel, bayam, dan ketimun adalah sayur-sayuran dengan konsentrasi air juga serat yang tinggi.
2. Konsumsilah teh setidaknya 2 cangkir setiap harinya. Minuman teh hijau memiliki manfaat lebih banyak bagi kesehatan ketimbang teh hitam dan mudah ditemukan di tempat perbelanjaan terdekat di rumah Anda. Usahakan memilih teh tubruk (bukan teh bubuk) dan bukan teh celup. Ingat, tidak pakai gula.
3. Makan 5 porsi buah yang berbeda setiap harinya. Ya, buah juga sumber minuman. Bisa dikatakan dapat memakan minuman Anda sendiri.
4. Jangan kaget melihat jumlahnya. Satu porsi buah bukan berarti satu buah. Seiris pepaya, seiris semangka, beberapa iris apel, jeruk, dan mangga, bisa jadi pilihan tepat. Mungkin Anda bisa mulai mencari tukang rujak yang dapat menjadi langganan Anda di sekitar tempat aktivitas harian Anda. Sudah sehat, segar pula.
5. Kurangi asupan karbohidrat dan lemak dan tambahkan porsi sayur Anda. Karbohidrat dan lemak menyerap air sehingga mereka yang mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan lemak biasanya mudah merasa badannya panas.
6. Tidak perlu makan suplemen. Mengkonsumsi suplemen berarti minum air putih lebih banyak agar tidak ada pengendapan ginjal akibat bahan-bahan kimia pembentuk suplemen-walau para produsennya mengaku menggunakan teknologi alami. Lagipula, bila pola makan Anda sudah benar, berarti kebutuhan vitamin bagi tubuh Anda juga sudah tepat. Vitamin yang berlebih juga akan keluar melalui air seni, jadi buat apa-apa buang-buang uang?
7. Lebih banyak minum di kala pagi menjelang sore dan kurangi ketika menjelang malam. Anda tidak mau kan terganggu tidurnya karena bolak-balik ke kamar mandi?
8. Saat puasa lebih baik mencukupkan porsi minuman dengan cara mencicil dari sejak buka puasa hingga imsak. Penyerapan cairan akan lebih efektif ketimbang minum sekaligus empat gelas pada saat sahur. Bukannya terserap tubuh, tetapi malah beser.
9. Bagi ibu menyusui, minumlah sebelum dan sesudah menyusui agar mempercepat pengisian ulang air susu ibu.
10. Minum usai olahraga memang melegakan, tetapi minumlah dengan perlahan dan tidak sekaligus. Lakukanlah dalam keadaan santai alias tidak ngos-ngosan karena picu jantung masih sangat kencang.
11. Pada suhu udara yang sangat panas dan kering disarankan mengkonsumsi minuman dingin untuk menghindari dehidrasi. Biasanya terjadi di daerah-daerah gurun pasir atau savana.
12. Hindari soda dan kafein. Soda menyerap air yang begitu banyak sehingga kita akan selalu merasa haus walau sudah meminum air soda dalam jumlah banyak. Sedangkan endapan kafein dapat mengganggu ginjal Anda.
السبت، 19 مايو 2012
الجمعة، 18 مايو 2012
CIRI2 KECANDUAN INTERNET
CIRI2 KECANDUAN INTERNET
1. Mas kawin yang anda minta di hari pernikahan adalah seperangkat komputer dan modem. Tunai!
2. Bel di rumah anda bertuliskan “Click here to continue”.
3. Pintu kamar mandi anda bertuliskan,”This site contains adu...lt material, please verify your age”.
4. Anda menanyakan apakah ada email baru untuk anda kepada Pak Pos yang mengantarkan kartu lebaran.
5. Mimpi anda selalu berawal dengan http://www/.
6. Anda menggunakan search engine untuk cari kucing anda yang sudah tiga hari tidak pulang kerumah.
7. “Unable to locate your server!” kata anda ketika menerima telepon salah sambung.
8. Kl mw msuk kmr musti login dlu (please enter username&password)
9. Suara dengkuran anda mirip dengan suara handshake modem.
10. Anda susah menggerakkan jari anda karena anda sudah online selama 36 jam.
11. Anda menonton film “The Net” sebanyak 63 kali.
12. Ketika mobil anda menyeruduk mobil lain di simpang jalan, yang pertama anda cari adalah tombol UNDO.
13. kotak sampah d rumah anda bertuliskan "Recycle Bin"
14. Anda memberi nama anak anda Eudora, Netscape dan mIRC. Dan kalau anda lebih demokratis (tidak monopistis), Anda akan memberi nama anak Linux atau distro-distronya.
15. Anda memperkenalkan diri sebagai : nanang@yahoo atau www.nanang.co.id
16. Anda membuat tatoo di badan anda, “This body best viewed with Internet Explorer 5.5 or higher”.
17. Anda meninggalkan antrian tiket bioskop yg puanjang dengan berkata “request time out!!!”
18. Ketika hidup anda mengalami depresi, anda akan sangat menyesal mengapa tubuh anda tidak di lengkapi dengan tombol Ctrl-Alt-Del.
19. Anda membaca tulisan ini sampai habis.
1. Mas kawin yang anda minta di hari pernikahan adalah seperangkat komputer dan modem. Tunai!
2. Bel di rumah anda bertuliskan “Click here to continue”.
3. Pintu kamar mandi anda bertuliskan,”This site contains adu...lt material, please verify your age”.
4. Anda menanyakan apakah ada email baru untuk anda kepada Pak Pos yang mengantarkan kartu lebaran.
5. Mimpi anda selalu berawal dengan http://www/.
6. Anda menggunakan search engine untuk cari kucing anda yang sudah tiga hari tidak pulang kerumah.
7. “Unable to locate your server!” kata anda ketika menerima telepon salah sambung.
8. Kl mw msuk kmr musti login dlu (please enter username&password)
9. Suara dengkuran anda mirip dengan suara handshake modem.
10. Anda susah menggerakkan jari anda karena anda sudah online selama 36 jam.
11. Anda menonton film “The Net” sebanyak 63 kali.
12. Ketika mobil anda menyeruduk mobil lain di simpang jalan, yang pertama anda cari adalah tombol UNDO.
13. kotak sampah d rumah anda bertuliskan "Recycle Bin"
14. Anda memberi nama anak anda Eudora, Netscape dan mIRC. Dan kalau anda lebih demokratis (tidak monopistis), Anda akan memberi nama anak Linux atau distro-distronya.
15. Anda memperkenalkan diri sebagai : nanang@yahoo atau www.nanang.co.id
16. Anda membuat tatoo di badan anda, “This body best viewed with Internet Explorer 5.5 or higher”.
17. Anda meninggalkan antrian tiket bioskop yg puanjang dengan berkata “request time out!!!”
18. Ketika hidup anda mengalami depresi, anda akan sangat menyesal mengapa tubuh anda tidak di lengkapi dengan tombol Ctrl-Alt-Del.
19. Anda membaca tulisan ini sampai habis.
الأربعاء، 16 مايو 2012
LOWONGAN KERJA DI INTERNUSA
SILAHKAN BUKA LINK INI
http://www.internusa.net/lowongan-kerja/lowongan-kerja-staf.html
ATAU KLIK DISINI
http://www.internusa.net/lowongan-kerja/lowongan-kerja-staf.html
ATAU KLIK DISINI
السبت، 12 مايو 2012
ABANG MPOK KAB BEKASI TELAH DIBUKA KEMBALI
IKUTILAH PEMILIHAN ABANG & MPOK KABUPATEN BEKASI TAHUN 2012
Untuk yang ke-12 kalinya sejak tahun 2001 Pemilihan Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi Tahun 2012 kembali digelar!!!!!!
Sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata, Budaya,
Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi ini memberikan kesempatan kepada
para generasi muda untuk menjadi Duta Wisata dan Budaya Kabupaten
Bekasi, dan raih kesempatan menjadi wakil Kabupaten Bekasi dalam ajang
Pasanggiri Mojang dan Jajaka Tingkat Provinsi Jawa Barat.
Pendaftaran dan formulir sudah bisa di download di Blog kami ampokkabbekasi.blogspot.com dan didapatkan mulai tanggal 1 Mei 2012 dan batas akhir pengembalian formulir hingga 2 Juni 2012
Formulir WAJIB dikembalikan secara langsung/via pos paling lambat tanggal 2 Juni 2012 ke beberapa tempat :
1. Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi di Komplek Perkantoran
Pemerintah Kabupaten Bekasi Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat - Bekasi 17811 ;
2. Kantor PWI Perwakilan Bekasi Jl. Kemakmuran No. 1 (Belakang Pemkot Bekasi) ;
3. Harian Bekasi Ekspress Jl. Ahmad Yani, Ruko Bekasi Mas, Blok E No.3 Bekasi Selatan
Tlpn. 8846682;
4. PDAM Bekasi Jl. KH. Noer Ali Kav I Masnaga - Bekasi Selatan (up. Fauzi Ahmad) bagian
Humas ;
Formulir :
Formulir WAJIB dikembalikan secara langsung/via pos paling lambat tanggal 2 Juni 2012 ke beberapa tempat :
1. Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi di Komplek Perkantoran
Pemerintah Kabupaten Bekasi Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat - Bekasi 17811 ;
2. Kantor PWI Perwakilan Bekasi Jl. Kemakmuran No. 1 (Belakang Pemkot Bekasi) ;
3. Harian Bekasi Ekspress Jl. Ahmad Yani, Ruko Bekasi Mas, Blok E No.3 Bekasi Selatan
Tlpn. 8846682;
4. PDAM Bekasi Jl. KH. Noer Ali Kav I Masnaga - Bekasi Selatan (up. Fauzi Ahmad) bagian
Humas ;
Formulir :
link download klik disini
atau
http://www.4shared.com/office/ilnvA54b/formulir_abang_Mpok_2012.html
Atau di blog ampok bekasi klik disini
الجمعة، 11 مايو 2012
"Mabuk Cinta"
Kurasa...Kusedang
dimabuk Cinta...(Armada)
Hm...tentunya kita
sudah tidak asing lagi dengan lirik lagu di atas. Lagu yang sangat mendayu-dayu
tentang orang yang sedang “mabuk cinta” alias jatuh cinta...Lagu yang dibawakan
oleh group band yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, Armada. Ya, lagu yang
sarat penuh makna cinta, jatuh cinta, kasmaran, tergila-gila oleh sebuah kata
yang bernama “CINTA”.
Eits...tapi jangan
salah sangka dulu membaca tulisan ini. “Mabuk Cinta” yang saya bahas dalam tulisan ini bukan “mabuk cinta” yang
kebanyakan manusia lakukan. “Mabuk Cinta” yang saya bahas ini adalah bagaimana
kita dapat mengelola rasa cinta kita sesuai dengan syariat, bukan berdasrkan
nafsu syahwat..
Rasa cinta merupakan
fitrah yang sudah dimiliki manusia yang dikaruniai dari Alloh SWT. Namun, apa
sebenarnya yang membuat orang-orang jatuh cinta??? Saya menemukan artikel
mengenai penyebab jatuh cinta sebagai berikut;
Peneliti dari Syracuse University, Profesor Stephanie
Ortigue, menemukan ada 12 area pada otak yang bekerja pada saat seseorang jatuh
cinta. Kedua belas area itu menghasilkan bahan kimia, seperti dopamine,
oxytocin, adrenalin, dan vasopression, yang berujung pada euforia. Rasa cinta
juga memengaruhi fungsi psikologi, metafora, dan penilaian fisik.
Penelitian lain mendapati peningkatan jumlah darah dalam
faktor penumbuh untuk syaraf yang memegang peranan penting dalam cara orang
bersosialisasi. Hal ini menghadirkan fenomena yang disebut dengan "cinta
pada pandangan pertama". Hal ini dikonfirmasi oleh temuan Ortigue yang
menyebutkan kalau cinta bisa hadir dalam waktu seperlima detik.
Ortigue menjelaskan dengan memahami cara orang jatuh cinta dan putus cinta, para peneliti bisa mengembangkan terapi baru. "Kita bisa mengerti penyakit putus cinta," kata Ortigue.
Studi Ortigue juga mendapati ada bagian otak yang berbeda untuk tipe cinta yang berbeda. Cinta tanpa syarat, contohnya cinta seorang ibu pada anaknya, dipicu oleh aktivitas otak di bagian umum dan pada tempat yang berbeda-beda, termasuk otak tengah. Cinta yang bergairah antara kekasih melibatkan area kognitif, bagian yang mengharapkan imbalan, dan penilaian fisik.
Ortigue menjelaskan dengan memahami cara orang jatuh cinta dan putus cinta, para peneliti bisa mengembangkan terapi baru. "Kita bisa mengerti penyakit putus cinta," kata Ortigue.
Studi Ortigue juga mendapati ada bagian otak yang berbeda untuk tipe cinta yang berbeda. Cinta tanpa syarat, contohnya cinta seorang ibu pada anaknya, dipicu oleh aktivitas otak di bagian umum dan pada tempat yang berbeda-beda, termasuk otak tengah. Cinta yang bergairah antara kekasih melibatkan area kognitif, bagian yang mengharapkan imbalan, dan penilaian fisik.
Setelah kita
mengetahui penyebab jatuh cinta melalui berbagai penelitian tersebut, muncul
pertanyaan lagi. Apa yang biasanya dilakukan orang yang sedang jatuh cinta??? Menurut
pengalaman saya dan melihat pengalaman teman-teman saya, biasanya orang yang
sedang di “mabuk cinta” melakukan hal seperti berikut:
- Senang menyebut-nyebut nama kekasaihnya
- Merasa tenang, adem, nyaman jika membicarakan nama kekasihnya
- Senang mencari informasi mengenai kekasihnya, mulai dari A-Z
- Tidak bosan-bosan membaca surat-surat dari sang kekasih, dan sering mengulang-ulang membacanya
- Terkadang sampai menghafal isi surat-surat dari sang kekasih
- Berusaha untuk mencintai apa yang dicintai sang kekasih, dan berusaha pula untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang sang kekasih.
- Merasa sangat kangen atau rindu bila tidak berjumpa dengannya, walaupun hanya sehari atau beberapa saat.
Nah,
itulah beberapa kegiatan yang sering dilakukan orang yang sedang “jatuh cinta”
atau “mabuk cinta”.
Memang
benar, Alloh SWT telah menjadikan rasa cinta menjadi bagian dari manusia. Namun
yang perlu di ketahui adalah bagaimana kita “mengelola” cinta yang telah Alloh
SWT karuniakan kepada kita sesuai dengan jalan yang benar sesuai syariat, bukan
atas dasar nafsu syahwat semata. Mari kita bahas satu persatu dari point-point
yang telah saya sebutkan tadi di atas mengenai orang yang sedang jatuh cinta.
1. Senang
menyebut-neyebut nama sang kekasih.
Alloh
SWT memerintahkan kepada hamba-hambaNya yang mencintai-Nya agar selalu menyebut-nyebut
Alloh SWT di waktu pagi dan petang sebagi bentuk rasa cintanya kepada Sang
Kekasih.
“Dan sebutlah (nama)
Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak
mengeraskan suara, diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk
orang-orang yang lalai.” (QS. Al- A’raf :205)
Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah
(dengan menyebut
nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah
kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS. al-Ahzâb :41-42)
nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah
kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (QS. al-Ahzâb :41-42)
2. Merasa tenang, adem, nyaman jika
membicarakan nama Kekasihnya.
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila
disebut nama Allah bergetar hatinya dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada
mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.” (QS. Al Anfaal ; 2)
3. Senang mencari informasi mengenai
Sang Kekasih mulai dari A-Z
Yang dimaksud dalam mencari
informasi adalah, seseorang yang mencintai Kekasihnya (Allloh SWT), maka ia
berusaha untuk mencari tentang dirinya (menuntut ilmu agama).
Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim. (HR. Ibnu Majjah no.224 dari
sahabat Anas bin Malik r.a)
Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam
rangka menuntut ilmu, maka Alloh akan mudahkan baginya jalan menuju syurga.
(HR. Muslim 4/2074 no.2699)
Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan
kepadamu; “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, lapangkanlah niscaya Alloh
memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan; Berdirilah kamu, maka
berdirilah, niscaya Alloh akan meninggikan orang-orang beriman diantaramu dan
orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alloh Maha
Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al Mujadilah: 11)
4. Tidak bosan-bosan membaca surat-surat
dari Sang Kekasih dan sering mengulang-ulang membacanya.
Ini bermakna bahwa, seseorang yang
telah jatuh cinta kepada Sang Kekasih (Alloh SWT) ia akan sering membaca surat-surat
Al Qur’an dan sering mengulang-ulang.
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca
kitab Allah swt dan mendirikan sembahyang dan menafkahkan sebagian dari rizki
yang Kami anugerahkan kepada mereka dengaan diam-diam dan terangterangan,
mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah swt
menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari
anugerah-Nya. Sesungguhnya Allah swt Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS
Fathiir 35:29-30)
“Orang yang membaca Al-Qur’an sedangkan dia mahir melakukannya, kelak mendapat tempat di dalam Syurga bersama-sama dengan rasul-rasul yang mulia lagi baik. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi dia tidak mahir, membacanya tertegun-tegun dan nampak agak berat lidahnya (belum lancar), dia akan mendapat dua pahala.” (Riwayat Bukhari & Muslim)
“Barangsiapa disibukkan dengan mengkaji Al-Qur’an dan menyebut nama-Ku, sehingga tidak sempat meminta kepada-KU, maka Aku berikan kepadanya sebiak-baik pemberian yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta. Dan keutamaan kalam Allah atas perkataan lainnya adalah seperti, keutamaan Allah atas makhluk-Nya. (Riwayat Tirmidzi)
5. Terkadang sampai menghafal isi
surat – surat dari Sang Kekasih.
Ini menandakan bahwa orang-orang
yang mencintai Alloh SWT, tidak semata-mata hanya membaca surat-surat-Nya di
dalam Al Qur’an, namun lebih dari itu, yaitu berusaha untuk menghafalkan isi
dari surat-surat di dalam Al Qur’an.
Dari
hadits Abu Musa –radhiallahu ‘anhu, beliau berkata : Bahwa Nabi Shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda : “ Jagalah Al-Qur`an, Demi Dzat yang mana jiwaku
berada didalam genggaman-Nya, sesungguhnya Al-Qur`an sangat mudah lepas
daripada seekor onta yang ebrada dalam ikatannya “
“Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran
untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS Al-Qamar 17)
“Sesungghnya orang yang di dalam
dirinya tidak ada sedikit pun dari Al-Qur’an, maka ia seperti rumah yang
roboh.” (Diriwayatkan At-Tirmidzi)
6. Berusaha untuk mencintai apa yang
dicintai Sang Kekasih dan berusaha pula untuk tidak melakukan perbuatan yang
dilarang Sang Kekasih.
Ini bisa diartikan sebagai bentuk
rasa cinta kepada Alloh SWT, Sang Kekasih yaitu dengan berusaha untuk selalu
bertaqwa setiap saat.
“Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah
kepada Alloh, dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan
berjihadlah pada jalan-Nya supaya kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al Maidah:
35)
"Hai
orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa
kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam Keadaan
beragama Islam." (QS. Ali Imran : 102)
Hai orang-orang yang beriman,
bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya
Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan
barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat
kemenangan yang besar (QS al-Ahzab: 70-71).
7. Merasa sangat kangen atau rindu
bila tidak berjumpa dengan-Nya walaupun hanya sehari atau beberapa saat.
Ini berarti menandakan, bahwa
setiap orang yang cinta kepada Alloh akan selalu merasa rindu bila tidak
berjumpa (melakukan ibadah sholat) walaupun hanya sehari atau beberapa saat.
Sehingga orang yang cinta kepada Alloh, akan selalu berusaha untuk sholat tepat
waktu dan berjamaah di masjid untuk “berjumpa” dengan Sang Kekasih.
Bagi orang yang rindu berjumpa dengan Rabbnya,
shalat tidak lagi dipandang shalat sebagai beban. Sebaliknya, mereka memandang
shalat sebagai suatu kebutuhan, sebagaimana orang butuh terhadap mandi dua kali
sehari atau makan tiga kali.
Jadikanlah
sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh
berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini
bahwa mereka akan menemui Rabb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.
(QS. Al-Baqarah ayat 45-46).
Sesungguhnya Aku ini
adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah
shalat untuk mengingatKu. (QS Tha-Ha, 20: 14)
Itulah
sekelumit tentang kisah seorang yang "mabuk cinta" yang sebenarnya yang
sesuai syariat agama , hanya karena Alloh SWT semata. Jangan menjadikan
nafsu sebagai pelampiasan syahwat untuk "mabuk cinta" yang jauh dari
nilai-nilai syariat Islam. Semoga kita termasuk orang-orang yang "mabuk
cinta" hanya karena Alloh SWT semata, bukan yang lain.
Wallohu'alam bisshowab.
sumber : http://serbaserbifitrianto.blogspot.com/2012/02/mabuk-cinta.html
الاشتراك في:
الرسائل (Atom)
Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021
https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim
-
nah buat anak AHM atau astra honda motor ini dia yang suka kita nyanyiin,, MARS AHM berikkut liriknya.. MARS AHM Ciptaan : Kristan...
-
Fungsi artistic media tool pada corel draw ternyata sangat membantu dalam penambahan konten desain meskipun hanya default dari Corel itu s...