الاثنين، 8 نوفمبر 2021

PG Prakarya & KWU kelas XII Semester 1

 

Soal PG Prakarya & KWU kelas XII Semester 1

 Soal PG Prakarya & KWU kelas XII Semester 1 ini khusus untuk siswa kelas 12 SMA semester ganjil dengan kurikulum 2013. Dengan mengambil materi dari bab 1 Usaha Kerajinan untuk Pasar Lokal.

Soal PG Prakarya & KWU kelas XII Semester 1 kurikulum 2013 ini terdiri dari 60 soal pilihan ganda dengan kunci jawabannya

1. Sebuah produk atau karya yang dibuat-buat oleh tangan-tangan trampil dan bukan menggunakan mesin-mesin industry adalah….
a. Pemasaran\
b. Rekayasa
c. Budi daya
d. Pengolahan
e. Kerajinan
Jawaban : e

2. Pada umumnya, sebuah usaha apapun ingin mencapai keuntungan yang biasa disebut….
a. Loss
b. Income
c. Purchase
d. Profit
e. Sales
Jawaban : d

3. Mampu mendesain, membuat produk, serta pengemasan karya kerajinan hiasan pada pasar local merupakan dapat dinyatakan sebagai….
a. Produk wirausaha
b. Teknik wirausaha kerajinan limbah
c. Tujuan pembelajaran wirausaha
d. Proses wirausaha
e. Cara wirausaha kerajinan limbah
Jawaban : d

4. Berikut yang termasuk ke dalam biaya yang mendukung proses produksi kerajinan untuk pasar lokal, kecuali….
a. Membayar pembersihan limbah
b. Membeli bahan baku
c. Membayar gaji karyawan
d. Membeli peralatan
e. Membayar transport limbah
Jawaban : c

5. Peran kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk, terutama pada hal-hal sebagai berikut, kecuali….
a. Warna
b. Ukuran
c. Promosi
d. Penampilan
e. Harga
Jawaban : e

6. Pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Siapa calon pembeli dan bagaimana seleranya
b. Eksplorasi material untuk inovasi estetik baru
c. Pikirkan suatu tempat dan hiasan apa yang dibutuhkan di tempat itu
d. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door
e. Berkunjung ke daerah lain dan melihat
Jawaban : d

7. Pengemasan suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen untuk minat konsumen terhadap….
a. Penjualan barang
b. Pembelian barang
c. Return barang
d. Bentuk dan fungsi barang
e. Harga barang
Jawaban : b

8. Tahap akhir yang memegang peranan penting dalam usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal adalah….
a. Alat dan bahan
b. Penyajian dan kemasan
c. Proses produksi
d. Langkah-langkah pembuatan
e. Sarana pemesanan
Jawaban : b

9. Dengan menentukan target pasar yang tepat, maka promosi produk kerajinan bangun datar akan lebih….
a. Efisien dan efektif
b. Stagnan
c. Menarik pesaing
d. Kurang dikenal
e. Susah terjual
Jawaban : a

10. Dapat menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri serta sikap kerja sama, gotong royon, bertoleransi, disiplin, tanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam karya kerajinan hiasan merupakan…
a. Tujuan pembelajaran wirausaha
b. Sifat usaha
c. Tujuan bisnis kerajinan
d. Hasil wirausaha
e. Perilaku usahawan
Jawaban : b

11. Seorang konsumen akan mengetahui bahwa telah ada produk kerajinan unik yang menarik untuk mereka beli melalui sebuah….
a. Tata kelola adminstrasi
b. Karya kerajinan
c. Pemasaran produk
d. Hasil identifikasi
e. Produk yang mereka temukan
Jawaban : c

12. Melalui tahap yang benar dalam proses pambuatan suatu karya, maka secara otomatis akan menghasilkan karya kerajinan yang baik dari segi….
a. Kuantitas
b. Pemasaran
c. Kualitas
d. Target utama
e. Bahannya
Jawaban : c

13. Kemasan yang bagus adalah kemasan yang memiliki tiga bagian, yaitu….
a. Primer-sekunder-tersier
b. Sekunder-primer-tersier
c. Tersier-sekinder-primer
d. Tersier-primer-sekunder
e. Primer-teriser-sekunder
Jawaban : a

14. Jenis kemasan yang indentik dengan bahan kemas langsung mewadahi produk adalah kemasan….
a. Kuarter
b. Skunder
c. Primer
d. Tersier
e. Inferier
Jawaban : c

15. Perencanaan produk kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal dalam pemenuhan fungsinya, lebih menekankan pada pemenuhan fungsi pakai yang lebih bersifat….
a. Kimiawi
b. Nilai estetika
c. Fisiologis
d. Keunikan
e. Biologis
Jawaban : c

16. Berbagai kekurangan serta kelemahan selama proses pembuatan karya kerajinan dapat diketahui melalui….
a. Evaluasi
b. Produksi
c. Distribusi
d. Konsumsi
e. Konsinyasi
Jawaban : a

17. Pada dasarnya, produk kerajinan dibuat berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga pembuatnya dituntut memiliki….
a. Daya dukung
b. SDM yang mumpuni
c. Bentuk bentuk tertentu
d. Kreativitas tinggi
e. Modal yang besar
Jawaban : d

18. Pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal adalah….
a. Memproduksi produk kerajinan hiasan dari awal
b. Memproduksi produk kerajinan yang sudah ada dan dikembangkan menjadi produk lain
c. Memproduksi produk kerajinan hiasan
d. Produk kerajinan yang dibuat dan diperbanyak di pabrik modern
e. Produk kerajinan hiasan rumahan dikembangkan jadi produk pabrik
Jawaban : b

19. Perhatikan data-data berikut!
(1) Bahasa harus bakus
(2) Bersebrangan dengan kaida
(3) Urutan yang sistematis
(4) Bebas asal benar
Teknik pada pembuatan laporan kegiatan ditujukan pada nomor….
a. (1) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (3)
e. Semua benar
Jawaban : a

20. Berikut yang termasuk ke dalam proses riset pasar, kecuali riset….
a. Pengembangan produk
b. Bahan baku
c. Pekerja
d. Rancangan
e. Pemasaran
Jawaban : d

21. Berikut contoh hiasan eksterior, kecuali….
a. Lampu duduk
b. Miniatur patung
c. Pot bunga
d. Lampu taman
e. Tirai rumah
Jawaban : a

22. Bahan baku alami untuk kerajinan hiasan adalah….
a. Bekas diterjen
b. Koran bekas
c. Sisa kaca
d. Kulit jagung
e. Botol plastic
Jawaban : d

23. Contoh produk hiasan yang memiliki fungsi hias dan fungsi pakai adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Lukisan
b. Lampu hias
c. Gelang
d. Nomor rumah
e. Lonceng
Jawaban : a

24. Seni kerajinan tangan sering disebut sebagai….
a. Techigue
b. Hand-one
c. Inovation
d. Handmade
e. Weakness
Jawaban : d

25. Dalam wirausaha kerajinan diperlukan proses evaluasi, proses evaluasi dapat menggunakan ada di luar analisis yang digunakan adalah….
a. SWOT
b. Weakness
c. Opportunities
d. Strength
e. Threasts
Jawaban : c

26. Teknik yang digunakan dengan cara memberikan lem pada bagian yang akan disambungkan atau dikombinasikan….
a. Merekat
b. Konstruksi
c. Sambung
d. Potong
e. Menyulam
Jawaban : a

27. Berikut yang termasuk media promosi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal, kecuali….
a. Pamflet
b. Brosur
c. Evaluasi
d. Iklan
e. Internet
Jawaban : c

28. Waktu yang saja dibutuhkan sebuah kemasan agar dapat mengubah cara pikir seseorang untuk memiliki ketertarikan tinggi terhadap sebuah produk, kecuali….
a. Sebulan penuh
b. Sekian detik
c. Satu hari
d. Satu jam
e. Satu menit
Jawaban : b

29. Gelombang ekonomi kreatif mencakup 14 sub sektor ekonomi kretif, Industri-industri yang termasuk ke dalam industry, kecuali….
a. Riset
b. Game
c. Pertanian
d. Fashion
e. Kerajinan
Jawaban : c

30. Perhatikan data-data sebagai berikut!
(1) Material
(2) Harga
(3) Warna
(4) Struktur
(5) Bentuk
(6) Konsumen
(7) Tipografi
(8) Citra
(9) Lokasi
Berdasarkan data tersebut, berbagai hal yang berhubungan kemasan desain kreatif ditujukan pada nomor….
a. (1), (2),(3),(7),(8), dan (9)
b. (2), (3),(4),(5),(6), dan (7)
c. (1), (2),(3),(4),(5), dan (6)
d. (2), (3),(5),(6),(8), dan (9)
e. (1), (3),(4),(5),(7), dan (8)
Jawaban : e

31. Hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi usaha disebut faktor….
a. Internal
b. Eksternal
c. Pengetahuan
d. Keuangan
e. Pribadi
Jawaban : b

32. Rangkaian alat elektronika yang sederhana dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari disebut….
a. Elektonika
b. Mekanika
c. Elektronika
d. Ilmu kimia
e. Otomotif
Jawaban : c

33. Berikut faktor internal dalam pemunculan ide usaha, kecuali….
a. Pengetahuan yang dimiliki
b. Pengetahuan dari individu itu sendiri
c. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
d. Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri
e. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
Jawaban : e

34. Salah satu contoh benda hasil rekayasa elektronika adalah….
a. Mobil
b. Tape recorder
c. Lampu sepeda pintar
d. Komputer
e. Kendaraan bermotor
Jawaban : c

35. Proses paling akhir dari sistem produksi jasa profesi dan profesioanlisme adalah….
a. Pembahanan
b. Pembentukan
c. Produksi
d. Perakitan
e. Finishing
Jawaban : e

36. Salah satu cara dalam mencapai solusi pada proses perancangan produk rekayasa jasa profesi dan profesionalisme dengan mengemukakan pendapat yang disebut….
a. Rasionalisasi
b. Brainstorming
c. Evaluasi
d. Prototyping
e. Material objek
Jawaban : b

37. Sifat utama dari biaya tetap adalah….
a. Skeptis
b. Statis
c. Krisis
d. Dinamis
e. Normalis
Jawaban : b

38. Alat yang digunakan dalam perakitan komponen produk rekayasa elektronika adalah….
a. Kawat
b. Solder dan timah
c. Paku
d. Lem
e. Obeng kecil
Jawaban : b

39. Dasar-dasar demografis yang digunakan dalam kegiatan usaha jasa profesi, dan profesionalisme adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Umur
b. Jenis kelamin
c. Penghasilan daerah
d. Penghasilan keluarga
e. Jumlah kendaraan
Jawaban : e

40. Tahapan proses produksi yang benar dan urut adalah….
a. Pembahasan, pembentukan, perakitan, dan finishing
b. Perakitan, finishing, pembahanan, dan pembentukan
c. Pembahanan, perakitan, pembentukan, dan finishing
d. Finishing, pembentukan, perakitan, dan pembahanan
e. Pembahanan, perakitan, finishing, dan pembentukan
Jawaban : a

41. Tahap yang meliputi persiapan alat dan bahan yang diperlukan, masuk dalam kategori tahap….
a. Pembahanan
b. Pembentukan
c. Produksi
d. Perakitan
e. Finishing
Jawaban : a

42. Resiko-resiko terjadinya kecelakaan diminimalisir dengan cara sebagai berikut,kecuali….
a. Munggunakan alat pelindung diri
b. Kerapian tempat kerja
c. Kewaspadaan penggunaan alat-alat kerja
d. Kedisiplinan pada peraturan keselamatan kerja
e. Berlaku sesuai dengan keinginan masing-masing
Jawaban : e

43. Strategi promosi sebagai sebuah strategi upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan utama….
a. Menarik calon konsumen
b. Membubarkan massa
c. Menarik calon produsen
d. Menghalau pengunjang
e. Mendatangkan pemasok
Jawaban : a

44. Berikut material bagian elektronik pada lampu baca LED, kecuali…. 
a. LED
b. Resistor
c. PCb
d. Baterai
e. Kaset CD
Jawaban : e

45. Meskipun memiliki pola dan strategi yang berbeda, namun pada dasarnya tujuan dari kegiatan usaha jasa profesi dan profesionalisme adalah sama,yaitu….
a. Untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba yang minimal
b. Untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba yang maksimal
c. Untuk menurunkan penjualan dan menghasilkan laba yang maksimal
d. Untuk meningkatkan pembeli bahan dan menghasilkan laba yang maksimal
e. Untuk menurunkan pebeli dan menghasilkan rugi yang maksimal
Jawaban : b

46. Adanya potensi baku dalam produk rekayasa jasa profesi dan profesionalisme termasuk ke dalam kategori prinsip….
a. Materials
b. Machine
c. Market
d. Method
e. Money
Jawaban : a

47. Produksi jasa profesi dan profesionalisme dimulai dengan melakukan….
a. Identifikasi pasar
b. Penentuan desain akhir
c. Membuat studi model
d. Persiapan produksi
e. Mengemukakkan pendapat
Jawaban : d

48. Pada saat melakukan promosi diperlukan perencanaan dan pelaksanaan strategi promosi sebagai berikut,kecuali….
a. Tepat
b. Matang
c. Sesuai
d. Cocok
e. Bebas
Jawaban :  e

49. Dua unsur yang diperhitungkan dalam penentuan harga jual normal pada sistem jasa profesi dan profesionalisme, yaitu….
a. taksiran biaya penuh dan laba yang diharapakn
b. Jumlah unit yang diproduksi dan jumlah aktivitas yang dilakukan
c. Taksiran biaya penuh dan jumlah unit yang diproduksi
d. Jumlah aktivitas yang dilakukan dan laba yang diharapkan
e. Jumlah yang akan dikeluarkan per unit dan laba yang diharpakan
Jawaban :  a

50. Guna menghindari kekeliruan dalam proses produksi dan pascaproduksi, maka perlu dilaksanakan….
a. Memperkenalkan produk
b. Proses adminstrasi
c. Mengetahui keunggulan produk
d. Paham pemasarannya
e. Pelatihan keterampilan produksi
Jawaban : b

51. Sifat utama dari biaya tidak tetap adalah….
a. Skeptis
b. Statis
c. Krisis
d. Dinamis
e. Normalis
Jawaban : d

52. Bagian rencana usaha yang berisi nama dan alamat perusahaan,nama dan alamat pemilik, nama dan alamat penanggung jawab, dan Informasi tentang usaha yang dilaksanakan adalah….
a. Pendahuluan
b. Rangkuman eksekutif
c. Analisis industri
d. Rencana produksi
e. Perencanaan produksi
Jawaban : a

53. Berikut faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha,kecuali….
a. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
b. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
c. Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
d. Oemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru
e. Pengetahuan yang dimiliki
Jawaban :  e

54. Proses evaluasi ide-ide dengan melakukan berbagai pertimbangan secara teknik beserta pengembangannya disebut….
a. Curah pendapat
b. Rasionalisasi
c. Prototyping
d. Desain akhir
e. Penemuan ide
Jawaban : b

55. Ilmu yang mempelajari alat lirtik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran electron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik,termokopel,semikonduktor,dan lain-lain adalah….
a. Fisika
b. Otomotif
c. TIK
d. Elektronika
e. Kimia
Jawaban : d

56. Proses mengumpulkan ide-ide untuk mencari solusi atau jalan keluar dari masalah yang didiskusikan disebut….
a. Market research
b. Brainstorming
c. Review produk
d. Uji coba
e. Membuat sample
Jawaban : d

57. Aspek paling penting dalam melaksanakan promosi produk jasa profesi dan profesionalisme adalah aspek….
a. Prosedural
b. Operasional
c. Institusional
d. Marginal
e. Diagonal
Jawaban : b

58. Bagian rencana usaha yang berisi tentang surat-surat,data penelitian dasar, surat-surat kontrak dan dokumen, perjanjian lainnya,dan daftar harga dari pemasok barang adalah….
a. Pendahuluan
b. Rangkuman eksekutif
c. Analisis industri
d. Rencana produksi
e. Appendix
Jawaban : e

59. Melakukan produksi dengan menganalisis perkembangan yang mungkin terjadi merupakan tahapan….
a. Memulai
b. Melaksanakan
c. Mempertahankan
d. Mengembangkan
e. Menilai
Jawaban : c

60. Dalam langkah penyusunan usaha sistem teknik terdapat proses penting dalam perencanaan yang harus dimasukkan secara urut,yaitu….
a. Perancangan,pengemasan,persiapan,produksi,proses produksi,dan promosi
b. Persiapan produksi,perancangan,proses produksi,pengemasan,dan promosi
c. Persiapan produksi,proses produksi,pengemasan,promosi,dan perancangan
d. Perancangan,persiapan produksi,proses produksi,pengemasan,dan promosi
e. Proses produksi,perancangan,persiapan produksi,pengemasan,dan promosi
Jawaban :  d

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق

Karya Spanduk dan Twibbon Pakai Coreldraw dalam rangka Hari Pahlawan Tahun 2021

https://twb.nz/haripahlawansman1ciktim